Satgas DPUPR melakukan pemeliharaan terhadap jembatan gantung di Kota Depok. (Foto : Dok PUPR)

DepokNews — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok memastikan delapan jembatan gantung yang ada di Kota Depok, dalam kondisi aman. Terlebih, DPUPR kerap melakukan pengecekan sekaligus perawatan terhadap jembatan gantung yang berada di bawah pengawasan DPUPR Kota Depok.

“Kami dari DPUPR khususnya bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, selalu mengecek kondisi jembatan. Selain itu, kami juga melakukan perawatan dengan pengecatan ulang dan memberi pelumas agar tidak berkarat,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya, Jumat (26/01/18), seperti dikutip depok.go.id

Dikatakannya, hal tersebut rutin dilakukan untuk memastikan keamanan serta kenyamanan warga saat melintasi jembatan gantung. Selain DPUPR yang turun langsung untuk mengontrol kondisi jembatan, warga juga kerap melakukan pemantauan dan perawatan secara secara swadaya.

“Untuk perawatan jembatan gantung, selain DPUPR, warga juga sering ikut membantu meringankan tugas kami. Mudah-mudahan, dengan upaya ini, warga yang melintas dapat lebih nyaman,” harapnya.

Adapun delapan jembatan gantung di Kota Depok yang berada di bawah pengawasan DPUPR antara lain Jembatan Biru yang menghubungkan Pondok Jaya dan Pondok Rajeg Bogor, Jembatan Oranye menghubungkan Pondok Jaya dan Kalimulya, Jembatan Cilawet menghubungkan Pondok Jaya dan Kalimulya, serta Jembatan Kuning  menghubungkan Ratujaya  Kalimulya.

Selain itu, ada pula Jembatan Palapa menghubungkan Ratujaya dan Kalimulya, Jembatan Gang Bakti menghubungkan Kelurahan Depok dan Tirtajaya serta dua jembatan gantung yang berada di Palsi Gunung Selatan menghubungkan ke Serengseng Sawah Jakarta Selatan.