DepokNews–Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok berkomitmen untuk terus menggeliatkan perekonomian, terutama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta industri kreatif. Di antaranya melakukan re-branding, pelatihan online, dan menjalin kerja sama dengan pusat perbelanjaan modern.

“Pertama, kita akan melakukan re-branding terhadap puluhan produk IKM yang ada, baik dari pelaku usaha mikro maupun industri kreatif,” kata Anim Mulyana selaku Bidang Promosi Dekranasda Kota Depok, kepada berita.depok.go.id, kemarin.

Dikatakannya, re-branding ini sendiri minimalnya terkait pengemasan sebuah produk. Dengan langkah awal, melakukan pembinaan secara online dan pendampingan oleh tenaga ahli di bidangnya.

“Selain itu, kita juga melakukan kerjasama dengan pasar modern agar produk kita bisa masuk ke pusat perbelanjaan mereka. Seperti Uniqlo Depok yang ada di The Park Sawangan, Margocity dan TSM Cibubur,” katanya.

Upaya-upaya yang dilakukan bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok ini, rupanya diapresiasi Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya. Dirinya berharap, Dekranasda Depok tetap mengadakan program kegiatan yang berjejaring bersama instansi dan komunitas lainnya, meski di tengah pandemi.

Dikatakannya, di tengah pandemi ini, dampak yang cukup besar dirasakan para pelaku usaha. Karena itu, pihaknya berharap mereka dapat saling menguatkan dan memberi motivasi.  Program kegiatan juga tidak boleh berhenti, seperti pelatihan online. 

“Mudah-mudahan segala langkah yang dilakukan di Depok, bisa menjadi inspirasi dan diikuti oleh kota/kabupaten lainnya,” pungkasnya. 

sumber : https://berita.depok.go.id/pemerintahan/geliatkan-usaha-mikro-dekranasda-depok-lakukan-tiga-hal-ini-4196