Foto: pohon insulin milik pak salim

Daun Insulin, Tidak Hanya Obati Diabetes Tapi Beberapa Penyakit Lain Seperti Ini

Posted on 73 views
DepokNews — Bagi anda penderita diabetes, ternyata ada, lho, obatnya. Salah satunya ialah Daun insulin, sesuai dengan namanya sangat baik untuk mengatasi masalah diabetes yang sudah kronis. Manfaat daun insulin selain untuk mengatasi diabetes atau kencing manis juga dapat membantu mencegah kanker.
Daun insulin banyak dikenal karena mempunyai khasiat alami untuk menyembuhkan penyakit diabetes mellitus. Daun ini menjadi trend tersendiri di Indonesia sebagai salah satu tanaman herbal yang menjanjikan kesembuhan bagi penderita diabetes. Daun insulin mempunyai nama latin Smallanthus Sonchifolius atau Polymnia Edulis atau juga P. Sonchiflia, namun di Indonesia daun insulin dikenal sebagai daun yakon. Ternyaya manfaat daun insulin tidak hanya untuk mengobati penyakit diabetes saja, namun beberapa jenis penyakit kronis lainnya.
Menurut salah satu pemilik taman tanaman obat, Salim, Tanaman ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Benua Afrika namun bisa tumbuh dan di budidayakan dengan baik di Indonesia. Inilah yang membuat banyak peneliti banyak tahu tentang manfaat daun insulin. Ternyata daun ini mempunyai kandungan yang cukup komplek yaitu fruktosa free sebesar 35 persen dan 25 persen terikat, kandungan inilah yang menjadi obat sempurna bagi penderita diabetes.
Dituturkannya, banyak orang mengalami masalah dengan sistem ekskresi yang di akibatkan oleh masalah ginjal dan juga hati, hal ini akan mengacu dengan adanya kuman atau bakteri. Dengan konsumsi daun insulin secara rutin, akan mencegah perkembangan kuman dan juga bakteri berbahaya di dalam ginjal dan juga kandung kemih, sehingga mengeluaran limbah tubuh menjadi lebih lancar.
“Maka dari itu, daun insulin ini terdapat anti bakteri dan juga anti mikroba yang mampu mengobati penyakit hati dan ginjal. Selain itu, daun insulin tentu saja sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung zat aktif yang bersifat menurunkan kadar gula darah, terlebih daun yakon mempunyai kandungan kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk mengurangi serangan hiperglikemik dan juga mengontrol kadar gula dalam darah,” ujar warga Depok itu.
Beberapa peneliti juga bilang, banyak orang yang tidak tahu jika daun insulin mempunyai kandungan Fructooligosaccgarides, ini merupakan fruktosa baik bagi bateri baik dalam usus, sehingga akan memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh, sistem kerjanya hampir sama dengan bakteri e. coli.
Terlepas dari itu, ia mengatakan bahwa daun insulin ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi.
“Mengonsumsi sayuran yang mengandung antioksidan tentu akan sangat membantu, seperti yang ada pada daun insulin. Terdapat banyak senyawa antioksidan alami yang bisa menjaga imunitas dan stamina tubuh. Selain itu, antioksidan ini mampu mencegah sel kanker yang ada di tubuh untuk berkembang biak,” jelasnya.
Lebih baik konsumsi daun yakon secara rutin sehingga bisa terhindar dari beberapa penyakit mematikan dan merasakan banyak manfaatnya.
Dirinya mengaku bahwa sangat senang merawat tanaman obat. Pasalnya, ia dan keluarganya tidak ingin bergantung dengan obat-obatan. “Kami sekeluarga lebih suka obat herbal. Bukan itu saja, saya juga sangat senang bercocok tanam makanya di rumah ada beberapa tanaman obat dan tanaman rempah rempah. Tidak kami perjualbelikan sih, hanya untuk membantu orang saja, kalau ada yang butuh ya saya berikan,” kata lelaki usia 50tahunan itu.