DepokNews- Berdasarkan data.covid19.go.id, Status risiko Kota Depok per 11 Oktober 2020 berwarna oranye atau sudah keluar dari zona merah.

“Kabar baik, hari ini Kota Depok sudah tidak lagi berada di zona merah atau status risikonya berwarna oranye. Mudah-mudahan ke depannya, tidak terpeleset lagi ke zona merah,” kata Ridwan Kamil, di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (13/10/20).

Karena itu, Ridwan Kamil meminta peran serta pemangku kepentingan bersama warga Depok bahu membahu melawan penyebaran Covid-19. Dikatakannya, bagi elemen masyarakat bisa berkontribusi dengan mengampanyekan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

“Bersinergi dengan pemerintah untuk menyerukan protokol kesehatan. Dan ini tugas semua elemen yang ada di masyarakat,” ujarnya.

Kang Emil sapaannya, juga menyoroti aspek klaster keluarga yang angka penularannya cukup tinggi. Karena itu, dia mengimbau agar warga yang terkonfirmasi positif tanpa gejala berkenan untuk diisolasi di rumah sakit atau fasilitas negara lainnya yang sudah ditetapkan.

“Dengan cara begini kasus klaster keluarga bisa ditekan atau dikurangi,” katanya. 

Ridwan Kamil juga menjelaskan, mengenai kebijakan perekonomian yang diterapkan bisa berubah-ubah. Tergantung situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Depok.  

“Keputusan kami berdasarkan data, apalagi kondisi penyebaran Covid-19 juga masih fluktuatif.  Karena itu,  kebijakan mengenai peningkatan ekonomi juga harus selaras dengan aspek kesehatan,” Pungkasnya.(mia)