Dampak Positif Gaya Hidup Digital Masa Kini

Posted on 105 views
DepokNews– Gaya hidup digital memungkinkan siapa saja bekerja, bermain, dan mencipta dalam waktu bersamaan. Konektivitas secara konstan ini mengubah gaya hidup masyarakat modern. Namun, sudahkah kita sebagai pengguna mengambil manfaatnya?
“Perkembangan teknologi tak bisa dibendung di era digital,” ujar Presiden Joko Jokowi Widodo belum lama ini. Masyarakat tak bisa menutup diri dari pelbagai inovasi.
Justru harus memanfaatkan inovasi-inovasi yang ada. Internet dan kehadiran perangkat pendukungnya, seperti smartphone hingga smart TV memberi pilihan dan kemudahan, baik untuk berkomunikasi, berbagi, juga bekerja. Pertanyaannya, sudahkah kita memanfaatkan segala fasilitas dan kemudahan dari kemajuan teknologi ini untuk sesuatu yang produktif?
Pekerjaan dan Keuangan
Banyak keluarga di perkotaan memilih gaya hidup digital untuk menjaga keseimbangan lebih baik antara kehidupan profesional dan keluarga. Bekerja tidak lagi harus menempuh jalanan macet di kantor hingga berjamjam atau terpaku di meja dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.
Teknologi digital memungkinkan bekerja dapat dilakukan di mana saja secara remote dengan waktu yang fleksibel. Dengan konsep smart city yang digagas oleh Bandung, misalnya, pengguna dapat mengakses Wi-Fi di Google Station, yang merupakan hasil kerja sama CBN, Google, dan Pemkot Bandung.
“Ekosistem digital menggabungkan infrastruktur, kebutuhan manusia, serta ketersediaan digital yang dapat memenuhi kebutuhan itu,” ujar Dani Sumarsono, Presiden Direktur CBN.
Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kampanye CBN Digital Nation, di mana CBN menegaskan perubahan arah perusahaan dari internet service provider (ISP) menjadi digital service provider (DSP).
Bekerja tanpa harus ke kantor mampu menghemat biaya transportasi, juga memungkinkan pekerja lebih produktif dan mendapat waktu lebih banyak untuk keluarga. Bagi keluarga, teknologi juga berperan vital untuk memanajemen kebutuhan rumah tangga lewat internet banking , belanja online , hingga membayar berbagai tagihan yang dapat dilakukan lewat aplikasi mobile .
Komunikasi
Teknologi digital memudahkan individu atau keluarga untuk tetap terhubung terlepas seberapa sibuk jadwal mereka. Sebab, mengirim pesan instan, berkomunikasi lewat video (video call ), atau status sosial media memungkinkan seseorang selalu terhubung dengan teman dan keluarga.
Komunikasi hanya dibatasi ujung jari karena begitu mudah dan murah. Di sekolah, orang tua juga dapat langsung memantau kegiatan putra-putri mereka lewat grup WhatsApp, situs resmi sekolah, atau malah sosial media pada hari itu juga, termasuk jika ada hal-hal yang darurat.
Edukasi
Gaya hidup digital adalah upaya konstan untuk terus menerus mengedukasi diri sendiri. Karena akses informasi terbuka lebar dan dapat diakses kapan saja lewat laptop atau smartphone tanpa harus meninggalkan rumah. Tantangannya saat ini adalah bagaimana mencari konten edukasi atau e-learning yang benar-benar bermanfaat.
Seperti e-classroom , tayangan video elearning yang dikemas dengan animasi di Dens.TV milik CBN. Tayangan video tersebut dirancang untuk mendukung proses belajar anak dengan cara menyenangkan.
“Saat ini e-classroom memiliki video interaktif untuk murid sekolah dasar kelas 1-6, bekerja sama dengan Skoline,” ujar Ario B Widyatmiko, Chief Content Officer Dens.TV. EClassroom merupakan bagian dari layanan Dens.TVmilik CBN.
Kesempatan Baru
Gaya hidup digital mendatangkan berbagai kesempatan baru karena ada begitu banyak masalah di Indonesia yang mungkin bisa ditekel lewat teknologi digital. E-dagang ataupun transportasi online adalah bentuk lahirnya disrupsi terhadap layanan yang sudah bertahuntahun ada.
Netizen pun dapat dengan mudahnya untuk bisa mendapatkan manfaat ekonomi. Yang termudah, misalnya menjual barang pre-loved (bekas dan layak pakai) di platform e-commerce .
Hiburan
Teknologi menyediakan hiburan keluarga yang hampir tanpa batas. Mendengarkan musik, menonton program TV favorit, film terbaru, atau bermain game tersedia di ujung jari. Bisa ditonton di ruang keluarga, hingga mobile apps . Kehadiran layanan televisi berbasis internet (IPTV) menjadi bentuk televisi masa depan karena sifatnya yang personal dan interaktif.
“Konsep hiburan di TV menjadi broadcast yourself , di mana semua pengguna bebas menentukan apa yang ingin ditonton sesuai kebutuhan,” papar Ario. Menurutnya, sebagai one-stop digital entertainment IPTV interaktif, Dens.TV dapat diakses multi-device , yaitu melalui situs Dens.TV , mobile application Android & iOS, serta interactive smartbox .
Ekosistem digital yang baik diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat yang tidak lepas dari gaya hidup digital.
“Idealnya tercipta hubungan menguntungkan manusia, perusahaan, serta lingkungan digital,” ungkap Dani Sumarsono, yang juga menyebut bahwa CBN memiliki layanan CBN Fiber (internet kecepatan tinggi hingga 1 Gbps).