DepokNews–Saat ini animo masyarakat terutama anak-anak muda untuk membeli barang secara online dari luar negeri semakin marak. Namun sayangnya belum banyak yang tahu apa barang yang dibeli tersebut terkena bea cukai atau tidak.

Untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada para mahasiswa, Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Soekarno-Hatta menggelar acara Custom Goes To Campus di Universitas Gunadarma. Acara tersebut berlangsung di Kampus Gunadarma Jalan Cikunir Bekasi, Rabu (25/9/2019). Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Talkshow ini berlangsung semarak dan interaktif.

Kegiatan ini diikuti ratusan mahasiswa dan dosen, bahkan Rektor Universitas Gunadarma, Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti., SE., MM, yang hadir dan memberi sambutan pada acara tersebut tidak beranjak dari tempat duduknya dari awal hingga akhir acara.

Pada sambutannya, ia merasa bersyukur dan bangga Universitas Gunadarma bisa dikunjungi Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Soekarno-Hatta dalam program Custom Goes To Campus.

“Kami menyambut dengan gembira dan dengan tangan terbuka program Custom Goes To Campus ini. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa kami. Peserta yang hadir nantinya juga bisa berbagi ilmu dan pengalamannya kepada teman-teman sesama mahasiswa, karena jumlah mahasiswa kami cukup besar, sehingga kegiatan seperti akan efektif untuk menjangkau para mahasiwa,” katanya.

Sedagkan Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang dalam sambutannya juga merasa beruntung bisa interaksi dengan akademisi untuk mensosialisasikan berbagai hal menyangkut tugas dan tanggung jawab Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai.

“Saya baru berinterkasi sebentar saja dan mendengarkan sambutan Ibu Rektor banyak hal yang kami dapatkan. Dengan kegiatan ini kami berharap para mahasiswa jika nanti sudah bekerja atau berusaha bisa menjadi warga yang taat pajak, karena pajak sangat dibutuhkan untuk membangun negara, kantor bea cukai merupakan partner kantor perpajakan,” kata Erwin Situmorang.

Acara Talkshow sendiri berlangsung sangat semarak dan intraktif. Hadir nara sumber dari Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Soekarno-Hatta maupupun dari Universitas Gunadarma.

Para nara sumber menjelaskan secara lengkap dan rinci berbagai hal menyangkut bea cukai, terutama ketika seseorang belanja barang dari luar negeri.

Ketika dibuka sesi tanya jawab, para peserta berebut untuk mengajukan berbagai pertanyaan. Kegiatan ini makin semarak saat ditengah acara diselingi kuis dengan menjawab pertanyaan seecara online sehingga langusng diketahui peserta yang menjawab tercepat dan benar.