DepokNews–Terobosan Yayasan Khadimul Ummah Madani (KUM) yang berlamat di Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok ini patut dicontoh. Pada Bulan Ramadhan ini Yayasan KUM membagikan 1.300 paket nasi kotak (nasi + sayur + lauk + buah + kerupuk) secara gratis kepada warga Kecamatan Cipayung Kota Depok.

Ketua Yayasan KUM, Nurinawan menjelaskan program tersebut sebagai salah satu tujuan dibentuknya Yayasan KUM, melayani dan membantu warga masyarakat yang membutuhkan.

“Yayasan KUM yang kami kelola punya banyak program sosial, salah satunya memberikan menu berbuka puasa secara gratis bahkan kita antar sampai rumahnya. Menu bukan berupa takjil, namun menu makan besar atau nasi kotak,” jelas Nurinawan, Kamis (22/4/2021)

Menurut Nurinawan target dari program tersebut untuk membantu warga Kecamatan Cipayung Kota Depok yang pada hari tersebut, tidak punya bahan yang dimasak atau tidak sempat masak karena kesibukan dakwah atau aktifitas sosial lainnya.

“Jika ada keluarga yang pada hari Jumat tidak ada bahan yang dimasak karena keterbatasan ekonomi atau tidak sempat masak silahkkan WA kami dengan menyebutkan jumlah anggota keluarga dan alamat lengkapnya, insya Allah kami akan antar menu buka puasa ke alamat tersebut,” tambah Nurinawan.

Ditambahkan Nurinawan, untuk memudahkan pengantaran, dirinya membagi pada setiap Jumat untuk wilayah kelurahan tertentu di Kecamatan Cipayung yang dilayani, dan secara bergiliran sampai jumat terakhir Ramadhan akan menjangkau seluruh Kelurahan di Cipayung.

Untuk melayani warga tersebut, Yayasan KUM juga memperkerjakan pengantar dari wilayah setempat. “Teknis pengantaran kita rekrut tenaga pengantar dari wilayah atau kelurahan setempat karena mereka yang paham wilayahnya,” jelas Nurinawan.

Dade, salah satu tenaga yang mengantarkan menu berbuka puasa dari Yayasan KUM mengatakan, ia merasa senang dan bersyukur bisa ikut membantu warga yang membutuhkan.
“Saya merasa bersyukur bisa ikut terlibat dalam kegiatan sosial ini, dan ini baru kali pertama ada Yayasan yang berbagi menu berbuka puasa dalam jumlah besar dan di antar sampai ke alamat tujuan dan semua gratis,” kata Dade.