DepokNews– Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika (Disominfo) Kota Depok saat ini tengah membidik sertifikasi ISO 27001.
Kepala Seksi Persandian Diskominfo Kota Depok, Muhammad Farid mengatakan sertifikasi ini terkait dengan sistem manajemen keamanan informasi. Untuk itu sertifikat ISO 27001 harus didapatkan.


“Berbagai upaya kami lakukan untuk menyempurnakan beberapa kontrol yang harus dipatuhi terkait keamanan. Prosesnya harus sesuai dengan kaidah ISO 27001,” ujar KFarid, di sela kegiatan rapat ISO 27001 di Diskominfo Kota Depok, Rabu (09/09/20).


Menurut Farid keamanan informasi menjadi hal penting mengingat di era seperti ini, informasi sangat mudah diretas dan bisa menjadi ancaman bagi siapa saja. Oleh karena itu, pihaknya akan berupaya mengikuti sistem kemanan yang sudah ditetapkan.


“Mudah-mudahan tahun depan kita bisa mendapatkan ISO 27001, sekaligus menjadi ISO pertama Bidang Satistik Persandian setelah terbentuk sejak 2017,” ujarnya
Selanjutnya sertifikasi ISO kata Farid akan dilakukan secara bertahap. Tahun 2019 berupa tahap identifikasi, 2020 tahap implementasi dan tahun depan sertifikasi.


“Ada 16 klausul dan 114 kontrol yang menjadi persyaratan. Namun, kita tidak harus memenuhi seluruhnya. Semua tergantung kebutuhan Diskominfo Depok dan hanya beberapa yang harus kita adopsi,” terangnya.