PDAM Kota Depok (Ilustrasi)

Ciliwung Meluap, Pelanggan PDAM Depok Mati air

Posted on 838 views

DepokNews- Akibat hujan yang mengguyur wilayah Bogor, dengan intensitas cukup besar. Sehingga menyebabkan Sungai Ciliwung meluap dan material lumpur menutup bak pompa air baku Instalasi Pengolahan Air (IPA) Legong Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya.

Manager Pemasaran PDMA Tirta Asasta Kota Depok, Imas Dyah Pitaloka menjelaskan hal tersebut juga mempengaruhi kekeruhan air baku yang sangat tinggi diatas 3000 NTU (maksimal yang dapat diproduksi 600-1000 NTU). Akibatnya IPA tidak dapat berproduksi, dan sejak jam 02.30 wib pengaliran air kepada sebanyak 45.000 pelanggan di wilayah Kecamatan Sukmajaya, Cilodong, Tapos dan Ciamanggis terhenti.

“Saat ini petugas sedang melakukan periapan membersihkan endapan lumpur,” jelas Imas, Ahad (8/4/2018).

Normalnya kembali, lanjut Imas, pengaliran belum dapat diperkirakan. Hal tersebut menunggu penurunan debit air dan penurunan tingkat kekeruhan air di bawah 1000 NTU (Nephelometric Turbidity Unit).

“Jadi kepada pelanggan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan tersebut,” ujarnya.

Sambil menunggu IPA berproduksi kembali, PDAM akan mensuplai air kepada pelanggan melalui 3 mobil tanki, namun karena keterbatas armada tidak semua pelanggan mendapatkan pelayanan dengan mobil tanki.
“Mobil tanki ini sebagai bentuk pelayanan prima kami kepada pelanggan. Tentu saja perbaikan akan secepatnya kami lakukan,” tutup Imas.(mia)