Ciliwung Berpotensi Jadi Destinasi Wisata di Kota Depok

Ciliwung Berpotensi Jadi Destinasi Wisata di Kota Depok

Posted on 235 views
DepokNews- Pemkot Depok berencana akan menjadikan Sungai Ciliwung menjadi ekowisata (pariwisata yang berwawasan lingkungan). Namun, kepastian dibangun nya kawasan ekowisata tersebut hingga kini masih menunggu kajian.
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok Agus Suherman pihaknya konsern terhadap perkembangan wisata Depok, salah satunya wisata alam.
“Kami atensi terhadap perkembangan wisata di Depok terutama pariwisata alam. Salah satunya ekowisata Ciliwung. Namun untuk mewujudkannya itu kita perlu melewati beberapa tahap,” kata Agus, Rabu (29/11).
Ia menambahkan pihaknya nanti akan mengintegrasikan komunitas-komunitas Ciliwung yang ada.
“Terkait hal rencana ekowisata Ciliwung, kami juga akan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Setelah itu tahapan selanjutnya adalah kajian sehingga diharapkan nantinya ekowisata Ciliwung sesuai dengan standar,” terangnya.
Ia mengungkapkan hingga saat ini, tahapan-tahapan tersebut belum dilakukan. Hal ini lantaran mengingat cuaca yang sedang kurang bagus dan arus Sungai yang kencang.
“Cuaca juga saat ini kurang mendukung. Kalau untuk anggaran, Insya Allah kami sudah menyiapkan. Ke depan, mudah-mudahan ekowisata Ciliwung bisa terbangun,” ungkap Agus.
Selain potensi alam yang dimiliki Depok, lanjutnya, masih banyak potensi wisata yang dipunya. Antara lain wisata fashion, Kampung tematik dan juga kuliner.
“Ada wisata fashion di Cipayung, itu akan kami kembangkan nanti. Kemudian wisata kuliner. Seperti yang kita ketahui hampir sepanjang wilayah Margonda dan wilayah Depok lain penuh tempat makan yang enak.  Kemudian ada hotel-hotel. Ini dapat menjadi potensi wisata Depok,” paparnya.
Menurutnya, pariwisata tidak hanya identik dengan tempat destinasi saja, melainkan juga termasuk kreatifitas-kreatifitas hasil karya masyarakat.
“Seperti jalan lingkungan yang ada di Jalan Tondano Sukmajaya yang disulap menjadi gambar 3 Dimensi. Sekarang banyak warga di luar Depok yang mengunjungi tempat tersebut. Nantinya kami juga akan kembangkan kampung tematik di Depok,” tandasnya.(mia)