Chairul Saleh (berkaos putih/tengah)

DepokNews–Chairul Saleh sukses mengembangkan bisnis secaraonline. Awalnya omset bisnis  online jilbabnya Rp 30 juta per bulan. Kini omsetnya mencapai Rp 250 juta per bulan. Chairul pun merambah ke  bisnis lain.

Mengenakan T Shirt warna putih bertuliskan Sekolah CS.Com dipadu dengan celana panjang warna hitam, Chairul Saleh hari itu sedang sibuk mengirimkan jilbab kepada para pelanggannya di berbagai provinsi di Indonesia.

Kantornya di bilangan Bumi Sawangan Indah 2, Pengasinan Depok, yang ia sulap menjadi kantor. Luas kantornya sekitar 100 meter persegi, tapi seluruh ruangan penuh dengan barang dagangan. Meskipun kantornya sederhana, tapi omset bisnisnya lebih dari Rp250 juta per bulan.

Sebelum tahun 2016, kebetulan Chairul melakukan bisnisonline barang kebutuhan bayi. Tapi ia tidak merasa puas jika tidak menguasai ilmu tentang digital marketing. Ia pun kemudian mengikuti paket kursus digital marketing yang diselenggarakan oleh Facebook. Lamanya kursus 4 hari. Setiap hari belajar selama 10 jam. Meliputi teori dan praktek.

Pengusaha kelahiran Batang, 14 Desember 1986  itu merasa tidak puas hanya dengan mengikuti kursus, ia juga memperdalam wawasannya dengan membeli buku-buku tentang digital marketing.

“Setelah ikut kursus digital marketing, saya semakin menyadari digital marketing membuat produk saya bisa dipasarkan secara luas ke seluruh Indonesia. Saya juga menyadari banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan dengan digital marketing,”ujar Chairul Saleh ketika dijumpai di Kawasan Sawangan Indah 2, Pengasinan, Depok, Rabu (27/4)..

Lulus dari kursus, suami dari Mirawati itu sempat diangkat menjadi salah seorang coach Bulapak.Com yang memberikan bimbingan digital marketing kepada UMKM yang bekerjasama dengan Bukalapak.Com.

Chairul tidak puas hanya sebagai coach, ia pun kemudian membuka bisnis online jilbab kembali, allaballa.com di tahun 2016.  Saat itu omsetnya hanya Rp 30  juta per bulan. Berkat bisnis online, omsetnya terus melejit, sehingga sekarang omsetnya mencapai Rp 250 juta per bulan.

“Jilbabnya bagus dan harganya murah. Sehingga banyak yang beli. Pembelinya dari seluruh Indonesia,”ungkap pengusaha yang juga pegawai negeri itu.

Saat ini lewat allaballa.com Chairul bukan hanya menjual jilbab, tapi juga makanan kering dan makanan frozen.

Menurut pengusaha bertubuh gempal itu, tantangan bisnisonline adalah membina para reseller yang merupakan ujung tombak penjualan. Chairul berusaha ada hubungan batin antara dirinya dengan para reseller. Misalnya dengan sering berkomunikasi.

“Berdialog dengan reseller itu jangan hanya bicara secara resmi, tapi juga ada becanda,”ujar Chairul.

Tantangan lainnya adalah makin banyaknya orang yang terjun ke bisnis online, sehingga persaingan pun makin ketat.

“Cara mengatasinya, saya jaga mutu produk saya, pengiriman yang cepat dan pelayanan yang baik,”ungkap ayah 2 anak itu.

Sukses membuka bisnis online, sarjana akuntansi ini kemudian melebarkan sayap mendirikan sekolah digital marketing yang bernama Sekolah CS.Com. Sekolah ini menyiapkan pemuda agar mampu melakukan digital marketing. Selain itu ia juga membuka cabang perusahaan pengiriman barang Wahana.

“Saya kan sering mengirim barang, sehingga Wahana sering mengirim barang-barang saya. Ada juga orang lain yang mengirim barang lewat Wahana,”tutur Chairul.

Chairul tak ingin menikmati sendiri kesuksesannya. Di lingkungan rumahnya ia membentuk grup online warga Bumi Sawangan Indah 2. Anggotanya pedagang dan non pedagang. Setiap minggu Chairul aktif memberikan pembinaan. Materinya bermacam-macam, antara lain fotografi,  pemasaran, hingga cara mengurus perizinan. Chairul juga menanamkan paham agar para warga aktif belanja pada tetangga. Selain itu juga ada kegiatan Jumat berkah. Kepesertaan online Bumi Sawangan Indah 2 bersifat gratis.

Perkembangan online Bumi Sawangan Indah 2 cukup pesat. Saat ini sudah ada 500 anggota. Para anggota merasa puas bergabung dalam online Bumi Sawang Indah 2 .

“Selain online Bumi Sawangan Indah, saya juga membentuk Pasar Online Peduli, Katalog Belanja Pasar Online, dan lain-lain,”ujarnya.

Pengusaha berambut ikal itu bukan hanya giat dalam mengejar urusan  dunia, tapi ia tak lupa mengejar pahala untuk di akherat, Chairul mendirikan Sahabat Al Quran yang memberikan Pendidikan Al Quran pada generasi muda. Chairul juga mengajar tahsin di majelis taklim-majelis taklim.Budi Gunawan