DepokNews–Pandemi covid-19, yang masih mengintai, masyarakat harus tetap waspada dengan penyakit lain yang mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa. Salah satu penyakit yang masih perlu diwaspadai yaitu DBD. Oleh karena itu, Pengurus RW 08 Kelurahan Harjamukti menggandeng Kecamatan Cimanggis dan Puskesmas Harjamukti melakukan Fogging atau pengasapan dengan insektisida. Kegiatan yang dilakukan pada Minggu 10 Oktober 2021, dilaksanakan setelah terjadi kasus demam dengue di wilayah RW.08 Kelurahan Harjamukti.

Hadir dari Perwakilan Puskesmas Harjamukti Ibu Ina yang ikut memantau kegiatan fogging dan Bapak Ucok petugas dari Kecamatan Cimanggis.

Ketua Rt 04 Rw.08 Sagita mengatakan, tujuan fogging adalah untuk membasmi sarang nyamuk.

“Fogging ini sebagai langkah pencegahan penyakit demam berdarah dan setelah fogging para kader Juru Pemantau jentik (Jumantik) akan melakukan pemeriksaan, pemantauan dan edukasi kepada masyarakat untuk menggalakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M,” kata Sagita.

Dijelaskan Sagita 3M terasebut antara lain :

1. Menguras. Hal ini dilakukan dengan membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

2. Menutup Langkah ini dilakukan dengan menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sejenisnya.

3. Mengubur Mengubur atau memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah. serta mengajak masyarakat untuk pola hidup sehat dan bersih (PHBS).