DepokNews–Sebagai langkah mengantisipasi stunting bagi balita petugas Puskesmas Kemirimuka, Kecamatan Beji memberikan vitamin A kepada balita.

Pelaksanaan pemberian Vitamin A untuk warga Pondokcina, bertempat Posyandu Buncis RW 06 Pondokcina Kecamatan Beji.

Ketua UPTD Puskesmas Kemirimuka
Hilma Handayani kepada wartawan pada Kamis (13/2) mengatakan
kegiatan pemberian Vitamin A yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kemirimuka bersama unsur terkait serta para kader Posyandu, sejatinya adalah dalam rangka menjalankan program pemerintah.

Karena vitamin A salah satu esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh, yang tujuannya untuk memberikan kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh bagi anak-anak, serta juga untuk menghindari berbagai penyakit yang terjadi pada anak-anak.

“Karena kekurangan vitamin A, rentan terjadinya penyakit yang dialami anak-anak, seperti diare, infeksi, campak dan lainnya,”katanya.

UPTD Puskemas Kemirimuka menangungi Kelurahan Pondokcina dan Kelurahan Kemirimuka.

Petugas Pelaksana Gizi Chairunnisa Apnilasi mengatakan bahwa pemberian Vitamin A sesuai dengan kebutuhan usia anak, yakni usia 6 hingga 11 bulan, akan diberikan Vitamin A dengan dosis 100. 000 IU yang ditandai dengan tablet warna biru, sedangkan untuk usia 1 hingga 5 tahun diberikan warna merah dengan dosis 200.000 IU.

Selama ini upaya dalam pemberian Vitamin A dan pemberian Gizi, tak lepas dari peranan kader Posyandu dalam mendukung program ini, hingga pelaksanaan kesehatan dapat berjalan dengan sukses.

“Tentunya sebagai warga kita sangat perlu mendukung kinerja bidang kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Kemirimuka bersama para kader Posyandu dalam pemberian vitamin A kepada masyarakat,”katanya.

Karena ini adalah bagian dari tugas mulia, memperhatikan kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan anak serta juga mencegah anak-anak dari rabun, kornea dan kerusakan mata.

Dengan sangat pentingnya pemberian vitamin A hingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi anak serta menghindari dari berbagai resiko lainnya, seperti penyakit diare, infeksi, campak dan lainnya.

Mudah-mudahan kegiatan kemaslahatan yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Kemirimuka beserta unsur terkait dan para kader Posyandu, dimana para kader adalah ujung tombak dalam pelayanan masyarakat.