DepokNews– Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali melaksanakan kegiatan Deteksi HIV/AIDS dengan Mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT). Kegiatan tersebut diberikan secara bersamaan dengan peresmian layanan kesehatan di Pasar Cisalak.

“Kami melakukan pemeriksaan ini untuk mendeteksi dan menanggulangi penderita HIV/AIDS di Kota Depok, terutama di lokasi sekitar Pasar Cisalak,” tutur Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Depok Rani Martina di Pasar Cisalak, Rabu (01/08).

Menurutnya, pemeriksaan Mobile VCT yang sudah rutin dilakukan oleh Dinkes Kota Depok ini melalui beberapa tahap. Pertama akan dilakukan konseling mengenai HIV/AIDS. Selanjutnya, masyarakat akan diperiksa dengan pengambilan darah.

“Sebelum pemeriksaan, kami beri penyuluhan terlebih dahulu, kemudian dapat mengikuti pemeriksaan HIV/AIDS dan hasilnya dapat langsung diketahui,” jelas Rani.

Terakhir, dirinya berharap dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan ini diharapkan dapat mendeteksi dan menanggulangi penderita HIV/AIDS di Kota Depok. Pasalnya, penyakit mematikan ini dapat merugikan penderita hingga keturunan dari penderita.

sumber: depok.go.id