Cegah Flu Burung, Kementan Kampanye Daging Ayam Dingin Segar

Posted on

Depoknews.id, Serpong – Kementerian Pertanian mengkampanyekan daging ayam dingin segar sebagai penganan yang layak konsumsi. Kampanye ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat tentang daging ayam dingin  yang bisa dimakan meski sudah beberapa hari dipotong.

Konsultan Strategi Komunikasi Kementerian Pertanian (Kementan) Amri Putra Jaya mengatakan, adanya kegiatan kampanye ini untuk mengedukasi masyarakat soal daging ayam dingin segar.

Pasalnya sampai sekarang ini masih ada warga yang menganggap daging ayam tidak bisa dikonsumsi setelah beberapa hari dipotong.

”Nah, ini yang ingin kita sampaikan. Nantinya daging ayam segar bisa dikonsumsi walau sudah empat hari dipotong. Yang terpenting higienis dan dalam suhu empat derajat celcius,” katanya, di sela-sela kampanye ayam dingin segar, di Graha Bintaro, Serpong Utara, Minggu (29/1).

Amri menjelaskan, kampanye daging ayam dingin segar ini berawal ketika ramai isu flu burung beberapa waktu lalu. Masih banyak warga yang belum paham apa itu flu burung. Sebagian bahkan takut menkonsumsinya, apalagi yang sudah dipotong beberapa hari.

Kondisi ini yang membuat pemerintah untuk lakukan kampanye soal ayam. Sudah jalan beberapa waktu, kini masyarakat sudah kian teredukasi soal penggunaan daging ayam dingin segar.

”Ini yang kita informasikan. Warga tidak perlu takut soal penggunaan ayam dingin segar. Yang penting mereka tahu penyajian dan tingkat higienisnya,” ujar Amri.

Kata dia, kampanye ini akan diagendakan di 20 lokasi berbeda. Mulai Tangerang, Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Sasarannya pemukiman yang padat dan tempat-tempat strategis.

Ia yakin dengan adanya sosialisasi ini akan membuat warga semakin tahu soal konsumsi ayam yang baik itu seperti apa.

Chef Edwin Lau mengatakan, dalam memilih daging ayam adalah kesegaran dan bagaimana daging diproses. Ayam dingin segar adalah pilihan tepat karena daging ayam segar diproses. Yakni dipotong, dibersihkan dan didinginkan.

Ia juga menjelaskan kampanye ayam dingin juga melibatkan media sosial dimana masyarakat dapat mengakses website, facebook, dan instagram untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

”Ini yang terus kita kampanyekan agar warga bisa tahu apa bagaimana ayam dingin segar itu bisa dikonsumsi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan dalam kampanye ini selain menyebarkan informasi juga diberitahu cara memasak yang baik itu seperti apa. Jadi warga tidak hanya disajikan apa itu ayam dingin segar tapi paham soal penggunaannya.

Bila ini dapat disebarkan tentunya akan memberikan informasi baru kepada warga.

”Kita berharap lewat edukasi ayam dingin ini, warga mengerti dan paham menggunakan makanan yang higienis,” imbuhnya.