DepokNews, Cilodong– Untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran nyamuk mematikan aedes aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang sedang tinggi kasusnya di Kota Depok, PKS Kecamatan Cilodong kembali melakukan pengasapan (fogging). Hari Sabtu (5/6/21) giliran Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong Kota Depok, yang difogging PKS DPC Cilodong melalui Tim Kepanduan. Tepatnya di RT.02 dan RT.03 RW.16, Sukamaju.

Ketua PKS DPC Cilodong Deny Faisal , mengatakan bahwa masyarakat setempat meminta bantuan kepada PKS Cilodong untuk dilakukan fogging. Alasannya, sudah ada warga yang menjadi korban di RW.016, terserang penyakit akibat gigitan nyamuk. Baik nyamuk aedes aegypti maupun nyamuk chikungunya.

Fogging yang dilakukan di RW.016 meliputi sekira 150 rumah terdiri dari RT.02 sebanyak 60 rumah dan RT.03 sebanyak 90 rumah.

“Sekarang sudah yang ke-3 kali kami lakukan Fogging di Kecamatan Cilodong karena permintaan warga. Di RW.016 Kelurahan Sukamaju ini bahkan sudah ada yang meninggal. Besok kami juga akan fogging di Kelurahan Kalimulya ,” ungkap Deny.

Di tempat terpisah Operator Fogging sekaligus Ketua Kepanduan DPC PKS Cilodong Sugeng menjelaskan selain melakukan fogging, mereka juga memberikan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, serta pemahaman pola hidup sehat kepada masyarakat.

“Sambil fogging kami juga memberikan arahan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan mewaspadai penyebaran penyakit DBD,” jelas Sugeng.

Kegiatan pengasapan atau fogging yang dilakukan PKS Cilodong dihadiri ketua lingkungan dan tokoh masyarakat. Diantaranya Ketua RW.016 Moch. Badarno, Sekretaris RW.016 Indra, Tokoh Masjid Annuriyyah Ustad Helmi, Ketua RT.02 Pipink L, dan ketua RT.03 Asrul Tomy.

Bantuan diberikan secara gratis baik obat, bahan bakar, maupun tenaga operator. Masyarakat RW.016 mengapresiasi bantuan fogging dari PKS Kecamatan Cilodong tersebut.

“Pada pagi hari ini kita luar biasa mendapat bantuan dari PKS Kecamatan Cilodong. Dalam rangka semprot fogging wabah DBD di Villa Pertiwi. Kami atas nama warga RW.016 mengucapkan banyak terimakasih kepada PKS,” ujar Asrul Tomy, Ketua RT.03.

Baik Deny maupun Sugeng menambahkan, pembasmian nyamuk DBD maupun nyamuk chikungunya akan terus dilakukan PKS Kecamatan Cilodong selama ada kasus DBD dan adanya permintaan masyarakat .

“PKS sebagai elemen bangsa juga ingin berkontribusi dengan pemerintah daerah untuk bersama menanggulangi penyebaran penyakit DBD ini. Selama PKS dan kadernya bisa bantu maka PKS akan terus melayani masyarakat, ” tutur Deny menutup pembicaraan. (shl)