DepokNews- Warga Depok diminta waspada penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayahnya. Salah satunya, dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Asisten Hukum dan Sosial Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Sri Utomo mengatakan saat ini sudah memasuki musim hujan. Pihak kelurahan dan kecamatan juga diimbau menginformasikan ke warga dilingkungannya, untuk memberlakukan pola hidup bersih.

“Dengan cuaca yang tidak menentu seperti ini, perlu kewaspadaan dari kita semua terhadap penyakit DBD. Untuk itu, kita imbau camat dan lurah agar segera mengantisipasi penyebaran penyakit DBD dengan melakukan PSN melalui pembersihan lingkungan dan pengasapan,” jelas Sri.
Dikatakannya, pihaknya juga mengimbau kepada sekolah-sekolah untuk ikut mencegah penyakit DBD. Baik dengan rutin memantau jentik nyamuk maupun dengan membersihkan lingkungan sekitar sekolah yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

“Untuk pihak sekolah agar menggalakkan K3 (Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dengan rutin membersihkan lingkungan sekitar,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga meminta masyarakat untuk rutin memantau bak penampungan limbah. Sebab, dengan intensitas hujan seperti sekarang, bak penampungan limbah sering meluap karena tercampur dengan air hujan. Jika bak penampungan limbah sudah penuh, agar segera dilakukan penyedotan sehingga tidak sampai meluap. 
“Sebab, limbah ini juga bisa menyebabkan penyakit difteri bagi anak-anak maupun orang dewasa,” tutup Sri.(mia)

Area lampiran