DepokNews–Perkumpulan Pedagang Pasar Tradisional Margonda Depok atau PPTMD pada Rabu (23/9) melakukan aksi bersih di lingkungan Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji.

Giat yang dilaksanakan dilaksanakan banyak ditemui drainase yang penuh sedimen tanah dan sampah apalagi saat ini dikawasan pasar.

Ketua PPTMD Yaya Baharya kepada wartawan mengatakan kegiatan aksi bersih merupakan kegiatan yang timbul dari inisiatif para pedagang.

Dia mengatakan, lewat kegiatan itu pula diharapkan tingkat kunjungan dan juga keinginan masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional semakin besar, sehingga berdampak pula kepada pendapatan para pedagang.

“Gotong royong (goro) ini kami lakukan agar lingkungan bersih dan pedagang nyaman serta jauh dari Covid-19,”katanya.

Sebenarnya semua kembali pada kesadaran pedagang untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi kedalam saluran pembuangan air maka diharapkan dari giat ini bisa memberi contoh serta pengetahuan pada masyarakat kalau lingkungan bersih tentu bisa mengurangi dampak banjir.

Dan dimana saat ini potensi hujan mulai tinggi dan perlu dilakukan aksi bersih menghindari banjir.

Ditambahkannya, dengan jumlah pasar tradisional yang tidak sedikit ditambah pula dengan persaingan yang kian ketat, upaya untuk menjaga kebersihan pasar tradisional merupakan jawaban untuk menjaga pengunjung tetap berbelanja di pasar tradisional.

“Apalagi pasar Kemirimuka merupakan salah satu pasar tradisional yang cukup legendaris dan juga ikonik makanya diharapkan bisa terus komitmen dalam menjaga kebersihan,” katanya.

Dia berharap kegiatan ini tetap bisa bergulir secara rutin agar kondisi pasar tradisional Pasar Kemirimuka tetap bersih, sehingga konsumen dan pedagang pun akan merasa nyaman saat berbelanja di pasar tradisional.

Dengan pasarnya bersih, hatinya baik, rezekinya bagus, dan pembeli tidak kecewa bisa benar-benar diwujudkan.

“Melalui gerakan ini, kami mengajak seluruh pedagang untuk selalu menjaga kebersihan lingkunga pasar Kemirimuka,” katanya.

Menurut dia, kebersihan pasar dan lingkungan di sekitarnya akan membuat konsumen merasa nyaman sehingga tetap memilih untuk berbelanja di pasar tradisional.

”Namun, kesadaran pedagang untuk menjaga kebersihan pasar, yaitu tidak membuang sampah sembarangan sudah semakin meningkat. Bahkan pedagang pun sudah menyiapkan tempat untuk mengumpulkan sampah,” katanya.

Kegiatan aksi bersih ini merupakan wujud kepedulian sosial PPTMD terhadap kebersihan lingkungan Pasar Kemirimuka.

Dengan demikian mampu menjadikan lingkungan tempat umum seperti di Pasar Kemirimuka ini menjadi bersih dan dapat mencegah Penyebaran Penyakit salah satunya Covid 19.

Semua pedagang pasar siap memutus mata rantai Covid-19 di Pasar Kemirimuka Yakni dengan menjalankan protokol Covid-19 dalam bertransaksi jual beli.

Yakni memakai masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan dimana pihak PT Petamburan Jaya Raya sudah memberikan tempat cuci tangan dan masker kepada pedagang serta selalu menjaga imun tubuh.

“Dengan berbagai upaya ini kita berharap bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 di Pasarkemirimuka. Sehingga kondisi jual beli kembali stabil,”katanya.

Dalam aksi bersih Pasar Kemirimuka, dilakukan mandiri oleh PPTMD tanpa bantuan Pemkot Depok melainkan kerjasama dengan PT Petamburan Jaya Raya selaku pemilik lahan Pasar Kemirimuka yang sah dan kuat berdasarkan putusan Lembaga Negara Indonesia.

Yaya menambahkan saat ini PPTMD sudah mengelola Parkir kendaraan, kegiatan bongkar muat, masalah sampah, toilet umum dan listrik agar Pasar Kemirimuka lebih baik aman nyaman.