Catatan Kecil Sahabat Zakat: 1 Juta Tas Untuk Anak Negeri

Posted on

DepokNews –Perjalanan dari Depok menuju lokasi bencana gempa Aceh tidaklah mudah. Perjalanan yang cukup melelahkan untuk tiba di lokasi. Namun lelah itu hilang seketika saat anak-anak santri menyambut kedatangan tim LAZ Zakat Sukses.

Wajah gembira tampak begitu kentara saat anak-anak menyambut tim LAZ Zakat Sukses di aula salah satu pesantren (dayah) di Aceh. Ratusan anak-anak dengan tertib duduk dihadapan kami. Sesekali terdengar canda ria antar sesama mereka. Tak tampak sama sekali duka pasca gempa di Aceh. Hal ini justru mengejutkan kami yang tadinya berusaha menunjukkan sikap empati terhadap mereka. Akhirnya kami tersadar bahwa mereka adalah anak-anak negeri yang memiliki motivasi tinggi untuk terus maju ke depan meraih cita-cita dan meninggalkan semua kenangan buruk yang telah terjadi. Mereka seolah sudah melupakan kejadian yang sudah lalu.

Anak-anak santri tampak dengan sangat bersahaja. Baju koko yg terlihat agak kumal, kain sarung dan peci yang sudah memudar. Namun wajah mereka tampil ceria dan justru membuat kami semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk umat.

Tetiba masuk seorang tua yg biasa dipanggil waleed (panggilan untuk para ustad yang memiliki pengaruh luas di masyarakat). Beliau adalah Tgk. H. Nuruzzahri, seorang tokoh yang sangat berpengaruh di Aceh. Dengan sangat bijaksana beliau ucapkan salam dan tiba2 ruangan menjadi hening. Sebuah pengaruh yg sangat luar biasa. Bukan karena takut tetapi sikap hormat anak-anak terhadap seorang waleed. Dengan bersahaja beliau menjelaskan maksud kedatangan kami kepada anak-anak. Seketika tampak wajah sumringah anak-anak karena merasa senang akan mendapatkan tas baru.

Setelah penyerahan 1000 tas dilaksanakan, tampak anak-anak sangat antusias. Dan mereka kembali beraktifitas seperti biasa. Ada yang melanjutkan hafalan, ada yang mengaji, dan lain-lain. Antusiasme mereka dalam belajar secara khusus justru memberikan motivasi tersendiri kepada kami. Ditengah problem dan keterbatasan yang dihadapi, tapi mereka tetap antusias belajar. Jangan pernah berhenti belajar dalam kondisi apapun.

Beberapa saat lalu, kami pun melihat tayangan yang sedang viral yakni permintaan beberapa anak kepada presiden Jokowi agar memberikan tas untuk mendukung kegiatan mereka di sekolah. Tas yang begitu murah dimata sebagian orang ternyata sangat dibutuhkan oleh beberapa orang di tempat lain. Dalam hati, kami menetapkan satu komitmen. Setelah menebar program 1000 tas untuk Yatim, 1000 tas untuk anak-anak pacsa banjir Garut dan 1000 tas untuk anak-anak pasca gempa Aceh, kami berkomitmen untuk terus menebar tas untuk anak negeri. Insyaallah, program    Satu juta Tas Untuk Anak Negeri akan segera kami siapkan. Dengan program ini kami berharap semua anak Indonesia dapat bersekolah dengan lebih ceria dan bersemangat.

Namun demikian, rasanya sangat naif jika semua ini dikerjakan sendiri. LAZ Zakat Sukses akan berusaha membangun sinergi dengan sahabat dermawan dimanapun berada, agar bisa ikut bersama-sama membangun harapan anak-anak. Masa depan ada ditangan mereka. Pondasi pendidikan yang kuat akan menjadi bekal bagi mereka menciptakan peradaban mulia di masa depan.

Sahabat Zakat, Menebar Manfaat.