DepokNews –Kabar baik bagi masyarakat Kota Depok yang ingin berhenti merokok. Pasalnya Pemerintah Kota Depok sudah memiliki dua klinik berhenti merokok yang berada di Puskesmas Beji dan Puskesmas Abadijaya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan keberadaan klinik tersebut untuk membantu masyarakat yang ingin berhenti merokok dengan konseling dan pendampingan.

Dengan adanya klinik tersebut kata Novarita masyarakat dapat mendatangi langsung klinik berhenti merokok tersebut. Kemudian berkonsultasi, sehingga dapat diberikan pendampingan untuk tindakan selanjutnya.

“Sudah tersedia dua klinik berhenti merokok yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berkonsultasi diPuskesmas Beji dan Abadijaya,”
saat Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS).

Menurutnya melalui klinik tersebut nantinya akan dilakukan pengecekan kadar Karbondioksida (CO2) dalam paru-paru. Agar dilakukan pengobatan dan pendampingan oleh petugas kesehatan.

Dikatakan Novarita, untuk di Kota Depok juga terdapat petugas konsultasi di 35 Puskesmas untuk berhenti merokok. Seluruhnya sudah menjalani pelatihan untuk konsultasi masyarakat berhenti merokok.

“Terdapat satu tenaga kesehatan di Puskesmas untuk berkonsultasi. Maka masyarakat dapat mengunjungi Puskesmas terdekat,” tandasnya.