DepokNews — Kanker merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular utama menurut World Health Organization (WHO). Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penderita kanker serviks (kanker leher rahim) terbanyak di dunia.

Kanker sebenarnya bisa dideteksi secara dini, agar bisa dilakukan tindakan pengobatan lebih awal. Salah satunya dengan cara pemeriksaan pap smear untuk deteksi dini kanker serviks.

Dalam rangka HUT KOTA DEPOK KE 19 yang diperingati setiap tahunnya, WPA (Warga peduli Aids) Cilodong berkolaborasi dengan PKTP Cilodong dan juga POSMAJA (Posyandu Remaja) Kelurahan Cilodong akan menggelar Penyuluhan dan Mobile VCT secara gratis pada Minggu, 29 April 2018, di halaman kantor Kecamatan Cilodong.

“Kami bergerak bersama satukan langkah dalam menggugah kesadaran warga cilodong dalam pencegahan dan pengendalian perilaku dan seks menyimpang yang ujung akhirnya dapat menyebabkan tertular nya PMS (penyakit menular seksual) dan hiv-aids serta kanker serviks adalah salah satunya.” Ujar Azizah yang merupakan salah satu panitia.

Dijelaskan Azizah, Kami akan terus berupa memberikan layanan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat cilodong dan mengawal serta mewujudkan salah satu program unggulan pemkot smart healthy city dengan bekerjasama pada elemen terkait seperti Puskesmas, RSUD dan DINKES KOTA DEPOK.

Dengan gencar nya promosi kesehatan lewat penyuluhan di berbagai sektor kehidupan, maka dengan itu diharapkan warga menjadi lebih sadar dan mampu melindungi diri nya dari berbagai penyakit yang mengintai akibat salah pergaulan. “Motto kami adalah jagalah sehatmu sebelum sakitmu,” pungkas Azizah
(Rudi Yudhistira)