DepokNews–Ramadhan kali ini hadir di saat wabah Covid-19 melanda negeri. Namun, sebagai seorang muslim, bagaimanapun kondisinya harus disikapi dengan baik.
Sebagaimana kita ketahui, karakter seorang muslim itu, pada saat kebahagiaan yang didapat, dia bersyukur, sedangkan pada saat kesedihan, sakit, dan musibah yang dialami, dia bersabar.

Puasa pada Ramadhan 1441 H ini akan menjadi lebih bermakna ketika kita menghadapi segala hal yang abnormal dengan penuh kesabaran dan selalu berbaik sangka. Pasti banyak hikmah di balik pandemi ini. Di antara ibroh yang bisa diambil adalah pentingnya kita untuk berbagi. Situasi seperti sekarang ini, orang yang berkecukupan perlu didorong untuk memberi kepada yang kekurangan, dan yang mampu berbagi kepada yang kesusahan.

Rumah Syaamil Quran (RSQ) Naseh yang terletak di Beji, Depok, merasa perlu untuk menjadi mediator antar sesama agar proses berbagi terlaksana di saat pandemi, apalagi di bulan Ramadhan, kesadaran masyarakat untuk memberi dan berbagi cukup tinggi. Itulah ruang syi’ar RSQ Naseh dengan menyodorkan diri menjadi wadah bagi para dermawan untuk berbagi di tengah Pandemi.

Syiar itu disambut hangat di dunia nyata dan maya. Secara bertahap mulai tanggal 16 Mei s.d 22 Mei 2020, sedekah dari para dermawan telah dibagikan oleh RSQ Naseh sebanyak 103 Paket Sembako dan 103 Mushaf Qur’an Tilawah.

RSQ Naseh selalu melibatkan Quran dalam setiap momen berbagi. Hal ini sesuai dengan apa yang dituturkan Nana Nasehudin, pengurus RSQ Naseh, bahwa tujuan menyertakan Quran dalam setiap paket sembako adalah sebagai wujud syi’ar Quran dan agar orang teringat untuk membaca Quran, sehingga ketika masyarakat sehat secara jasmani karena telah terpenuhi kebutuhan jasmaninya dengan paket sembako, kebutuhan ruhani juga terpenuhi dengan membaca Quran.

Cara berbagi yang unik selain selalu disertai mushaf Quran, RSQ Naseh juga membagi paket sembako dan mushaf dengan mencari dan mendatangi langsung tukang becak, pencari barang bekas, penjual kardus, pemulung sampah plastik, pedagang kecil yang memakai gerobak di jalanan, dan ojek online atau pangkalan di jalanan. Setiap membagi paket selalu dikatakan kepada penerima, “di situ ada Qurannya, jangan lupa dibaca, ya!”

Ketika ditanya, “apa motivasi RSQ Naseh melakukan hal seperti itu?” Nana Nasehudin menjawab, “Agar orang yang mungkin belum tersentuh oleh bantuan, bisa merasakan nikmatnya kehangatan bantuan materi dan non materi dari saudara muslim, kapanpun dan dimanapun.”

RSQ Naseh berharap semakin banyak orang saling berbagi, lewat siapapun dan bagaimanapun bentuk berbaginya, sehingga pandemi yang sedang dihadapi, bisa dilalui dengan baik oleh semuanya, baik yang berkecukupan ataupun tidak.

Semoga kita bisa berbagi walaupun sedikit dan dengan cara apapun yang penting halal, sehingga menjadi catatan amal kebaikan untuk bekal kita nanti.