Sumber gambar : Unplash

Apakah kamu pernah marah? Pada umumnya setiap manusia pernah merasakan marah, bahkan seseorang yang terlihat tenang sekali pun nyatanya pernah marah. Tingkat kemarahan setiap orang berbeda, ada yang meledak – ledak, ada pula yang memilih untuk menahannya, sehingga tidak terlihat jelas jika orang tersebut sedang marah. 

Di ambil dari laman Hello Sehat, emosi yang memuncak dapat menyebabkan tekanan darah meningkat serta jantung yang berdetak lebih cepat dan tidak beraturan. Hal ini dapat memicu sakit kepala, nyeri dada dan juga sesak napas.

Rasa marah sendiri sering kali datang tanpa diduga, misalkan ketika sedang berkendara di jalanan raya kemudian ada pengendara yang berkendara ugal – ugalan, atau teman yang tidak sengaja menumpahkan minuman sehingga baju Anda basah. Apapun penyebab marah tersebut, ada baiknya Anda segera mengontrolnya sehingga amarah tidak semakin meluas, selain dapat merusak mood Anda, marah yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Di lansir dari laman Hello Sehat, terdapat beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk meredam marah dengan cepat :

  • Menarik Napas Dalam – Dalam

Menurut Robert Nicholson, Ph.D., asisten dosen di Saint Louis University, Amerika Serikat, ketika marah tubuh menjadi tegang untuk meredakan ketegangan tersebut Anda dapat menarik napas secara dalam – dalam.

Menarik napas dalam – dalam akan membuat pasokan oksigen menjadi lebih banyak sehingga dapat melepaskan ketegangan.

Anda dapat memejamkan mata secara perlahan kemudian menarik napas dalam – dalam. Rasanya bagaimana udara masuk dan hembuskan secara perlahan.

  • Berjalan – Jalan Sejenak dan Menjauhi Pemicu Amarah

Ketika Anda masih berada didekat pemicu kekesalan Anda maka besar kemungkinan emosi Anda tidak kunjung mereda, maka dari itu pergilah menjauh. Menjauh dari sumber kemarahan juga dapat membantu Anda berpikir lebih jernih.

Anda di sarankan untuk berjalan kaki ringan sambil menjauhi sumber kekesalan Anda. Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga ringan. Olahraga sendiri dapat menjadi penghilang stres serta emosi yang cukup ampuh. Dengan olahraga ringan, hormon bahagia atau hormon endorfin yang terpancing untuk lepas. 

Tidak perlu berlama – lama, Anda cukup berjalan selama kurang lebih lima menit saja.

  • Mendengarkan Musik

Ketika Anda mendengarkan musik ritme internal tubuh mengikuti musik yang sedang Anda dengarkan. Untuk meredam amarah, Anda dapat mendengarkan musik dengan irama yang menenangkan sehingga tubuh Anda secara tidak langsung mengikuti ritme tersebut.