Sistem penjualan dropship mulai dikenal karena sangat berpotensi memberikan banyak keuntungan. Dengan modal dan resiko yang sangat sedikit, sistem ini sudah mulai ditekuni oleh beberapa kalangan masyarakat.  Tidak sedikit dari mereka yang sukses, bahkan di usia yang sangat muda. Hal ini menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mempelajari dan mencoba sistem ini.

            Salah satu hal yang penting dalam sistem dropship adalah mencari supplier produk yang akan dijual. Akan sangat menguntungkan bila dropshipper mendapat supplier yang menjual dengan harga yang murah dan berkualitas. Dan cara paling mudah untuk mencari supplier yang tepat adalah melalui marketplace karena memiliki fasilitas yang dapat menyesuaikan kebutuhan kita.

            Berbicara tentang supplier, berikut adalah tips untuk mencari supplier murah dan recommended di marketplace :

  1. Mencari produk yang akan dijual

Sebelum menentukan produk kita harus mencari apa yang laku di pasar dan kita menyukai bidang tersebut. Karena trend perawatan wajah dan kecantikan pada saat ini sangat booming dan para wanita ingin telihat cantik dengan kulit yang sehat, maka kita akan meriset produk dalam kategori ini (perawatan dan kecantikan). Sebelumnya, pastikan kamu sudah log in di marketplace pilihan kamu, lalu klik search di bagian atas dan cari bagian yang kita sudah tentukan.

Selain itu, kamu bisa langsung memilih kategori pada bagian sub kategori di halaman beranda dan langsung masuk ke halaman produk, pilih bagian terlaris maka akan muncul beberapa pilihan produk, dsni kita contoh adalah lip cream. Maka, langkah selanjutnya adalah adalah ketik lip cream pada kolom search dan akan muncul banyak pilihan. Pada saat memilih produk, perhatikan beberapa produk yang bersifat iklan atau berbayar yaa.

.

  • Mencari harga Termurah dengan fitur sortir atau filter

Setelah memilih lip cream, klik bagian pojok kanan atas yang berbentuk corong (filter atau sortir). Kamu bisa menyesuaikan apa yang kamu cari dengan kebutuhan kamu, seperti daerah asal, range harga, kategori toko, merek, bahkan ekspedisi yang kamu inginkan. Setelah itu klik bagian yang berbentuk panah untuk mengurutkan harga. Maka produk akan mucul dari harga yang paling rendah hingga tinggi.

  • Menentukan penjual atau supplier yang sesuai

Pilih penjual atau supplier yang memiliki nilai produk 80% dan persentase chat (fast respons) yang tinggi. Persentase chat dapat dilihat di biografi toko dan kualitas barang dapat dilihat melalui ulasan pembeli. Disamping itu, kita juga bisa memilih supplier dengan penjualan di atas 20.000 pcs karena hal itu menunjukkan bahwa stok barang yang dimiliki banyak dan juga sedah memiliki admin, sehingga chat yang masuk akan lebih cepat dibalas (fast respons).

  • Uji coba toko ( Tes Order)

Setelah mendapat supplier yang sesuai, tes toko tersebut dengan membeli barang dengan sistem dropship yang tersedia dibawah kolom (klik kirim sebagai dropship) dan langsung mengisi nama olshop kita. Tujuannya untk memastikan apakah pada saat barang diterima supplier benar hanya menuliskan olshop kita atau tidak. Jika iya, maka supplie tersebut dapat kita pilih, namun jika masih ada kartu nama atau ucapan yang mengatasnamakan supplier maka lebih baik kita mencari supplier lain yang lebih jujur.

  • Pemasaran

Setelah lulus uji coba toko supplier, maka kita bisa langsung memasarkan produk tersebut di media sosial yang ada. Tpi sebelumnya, kita dapat meminta kontak seperti nomer handphone atau lainnya untuk memudahkan komunikasi secara langsung.

Bagaimana tips kali ini? Semoga dapat membantu kalian dalam memulai bisnis, ya! Terutama bagi kalian yang akan mecoba menjadi dropshipper. Thanks for reading!