Waktu luang ibu dan anak (Ilustrasi)

Cara Dekat Dengan Anak,  Psikolog Sarankan Ortu Jalin Komunikasi Yang Menyenangkan

Posted on 21 views
DepokNews- Hubungan menyenangkan dirumah antara orangtua dan anak, dapat membuat anak merasa nyaman untuk berbicara dan lebih terbuka. Hal ini yang masih belum disadari orangtua, apalagi dengan kondisi kedua orangtua yang  seorang pekerja.
Psikolog Ratih Ibrahim mengatakan, ketika orangtua sedang dirumah, jangan bawa persoalan apapun. 1000 persen waktu untuk anak, agar anak merasa diperhatikan khusus. Tidak ada lagi urusan pekerjaan, yang menyita waktu orangtua untuk menjaga hubungan dengan anak.
“Ajak bermain diselingi pertanyaan bagaimana suasana di sekolah. Bila anak belum mau menjawab, orangtua harus tetap menanyakan namun diselingi dengan bermain atau sekedar bersenda gurau,” katanya, Senin (23/10).
Ia menambahkan hubungan orangtua dan anak bukanlah hubungan yang biasa saja. Tapi ada unsur menyenangkan, sehingga anak merasa dirinya mempunyai tempat yang lengkap untuk menuangkan pemikiran ataupun masalah yang dihadapi.
“Ada waktunya anda dianggap teman, sahabat dan orangtua oleh anak. Jangan pernah menginterogasi anak, karena anak tidak akan mengeluarkan sepatah kata pun, karena ada ketakutan dan akan nihil hasilnya,” paparnya.
Ia menerangkan jika anak belajar berani membuka suara harus sejak dini, dan itu dibangun dari sebuah relasi yang kuat antara orangtua dan anak. Ajak anak berbicara dengan menempatkan diri anda sebagai teman,
“Anak sehat fisik dan jiwa itu yang diperlukan,” terangnya.
Kebiasaan bercerita harus dimulai sejak dini. Sekedar menanyakan kabar, sedang apa, dengan siapa. Tetapi tanpa menginterogasi, karena anak tidak suka diperlakukan seperti itu. Candaan di kala mengobrol juga diperlukan tidak melulu harus serius ketika berbicara.
“Jadikan anak merasa nyaman dengan orangtua terlebih dahulu,” tutupnya.(mia)