Penghapusan lipstik (Ilustrasi)
DepokNews- Lipstik dengan kemampuan long-lasting atau tahan lama sehingga membuat bibir berwarna merah merona dalam waktu yang cukup lama, cukup digemari belakanhan ini. Lipstik dengan fitur ini akan bertahan lebih dari 10 hingga 12 jam atau bahkan mungkin lebih. Apa lagi bagi lipstik dengan hasil matte, membersihkannya di bibir tak akan mudah. Namun, lipstik tentu saja hanya sementara, tidak diwajibkan menggunakannya secara full 24 jam.
Bersihkan sisa lipstik dengan balsem lip atau lip balm. Caranya, usapkan bibir dengan tisu, kapas, sapu tangan berbahan lembut, atau handuk. Setelahnya aplikasikan lip balm anda setebal-tebalnya dan tunggu hingga beberapa saat. Saat lip balm sudah menempel kuat pada bibir anda, silahkan usapkan kembali dengan kapas atau tisu. Karena sisa-sisa lipstik yang menempel pada bibir anda secara kuat akan menyatu dengan lip balm dan lebih mudah dibersihkan kembali, plus lip balm melembabkan bibir anda serta tidak membuatnya kering.

Menggosok bibir dengan sikat gigi lembut. Sebelumnya, gunakan lip balm atau balsem lip pada bibir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Bila mengusapkan dengan kapas atau tisu saja tidak membantu banyak, scrub bibir anda dengan menggunakan sikat gigi berbahan dasar lembut. Jangan terlalu kasar sehingga dapat melukai kulit bibir anda yang tipis. Sikatkan sikat gigi anda dengan motion memutar dan pastikan tidak sampai membuat kulit bibir sakit. Hal ini juga berguna untuk menghilangkan sisa noda atau sel kulit mati pada bibir. Terakhir pakai air hangat untuk membilas bibir dalam proses penyikatannya.

Usapkan dengan menggunakan sapu tangan yang dibasahi air hangat. Masih menggunakan lip balm atau balsem lip dalam cara sebelumnya, bersihkan bibir dengan sapu tangan yang sudah direndam dengan air hangat. Air hangat berfungsi membuka pori-pori kulit bibir anda sehingga mengangkat noda lipstik pada bibir secara lebih mudah. Usapkan sapu tangan yang direndam dengan air hangat berulang kali dengan lembut hingga noda lipstik benar-benar menghilang dari bibir anda. Bilas lagi dengan air hangat secara keseluruhan dan pastikan bibir anda sudah bersih dari noda lipstik yang membandel. Bersihkan dengan kapas atau tisu yang kering setelahnya.

Aplikasikan pertoleum jelly, karena memiliki kandungan yang terkadang berada dalam produk lip balm atau balsem lip yang berguna untuk melembabkan bibir. Aplikasikan petroleum jelly pada bibir, lapisannya yang lembab akan membantu mengangkat noda lipstik yang membandel sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Setelah dipakaikan pada bibir, biarkan beberapa saat hingga kandungannya meresap dan melembabkan bibir, dan bersihkan dengan kapas atau tisu. Petroleum jelly juga akan membuat bibir anda menjadi lebih lembut dan lembab, membuatnya terhindar dari kekeringan dan bibir pecah-pecah.

Menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Fungsi dari minyak kelapa atau minyak zaitun ini sama dengan petroleum jelly sebelumnya. Minyak kelapa dan minyak zaitu akan membuat lapisan yang lembab pada bibir sehingga membantu mengangkat noda warna lipstik pada bibir. Setelah diusapkan pada bibir, biarkan minyak kelapa dan minyak zaitun ini menempel di bibir dalam jangka 5 hingga 10 menit. Setelah meresap dan bibir terasa lembab, bersihkan dengan menggunakan kapas atau tisu. Kandungan minyak zaitu dan minyak kelapa tentunya merupakan pelembab alami yang tidak membuat bibir kering dan pecah-pecah.

Menggunakan eye make up remover. Produk ini biasanya cair, semacam toner, dengan bahan dasar yang tidak membuat kulit sensitif sehingga dapat diaplikasikan di bibir. Tuangkan pada kapas atau tisu dan usapkan pada bibir yang sebelumnya sudah diolesi lip balm. Namun jangan terlalu sering menggunakan eye remover ini karena akan membuat bibir kering. Setelahnya, gunakan lip balm kembali untuk membuat bibir tetap lembab dan tidak kering.

Menggunakan lotion wajah atau yang biasa disebut pelembab wajah bisa diaplikasikan di bibir tanpa membuatnya kering. Lotion wajah yang berguna untuk melembabkan kulit wajah anda mampu menghapus make up dari bedak, foundation, bb cream, blush on, hingga make up untuk mata seperti eye shadow, eye liner, atau concealer di area bawah mata. Tak terkecuali untuk lipstik membandel pada bibir, oleskan lotion wajah ini di area luar bibir dan jangan sampai masuk ke mulut, terjilat, atau bahkan tertelan.

Biarkan hingga beberapa saat sebelum diusapkan dengan kapas atau tisu. Pilih hanya lotion wajah dan eye make up remover tanpa kandungan alkohol. Nah, mudah bukan? Sekarang Anda bisa membersihkan sisa lipstik dengan cepat dan mudah.(mia)