DepokNews- Kecamatan Sawangan memberikan perhatian serius kepada MZ, anak usia 11 tahun penderita hidrosefalus di Kelurahan Bedahan. Pemantauan dan dukungan terus dilakukan sejak Agustus lalu. 

“Kami bersama Lurah Bedahan, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)  Kecamatan Sawangan, Puskesmas Pengasinan, dan Yayasan Rumah Singgah sudah mengunjungi dan memberikan sejumlah bantuan kepada penderita hidrosefalus di Bedahan,” tutur Camat Sawangan,  Herry Restu Gumelar, seperti dikutip situs resmi Pemkot Depok, Sabtu, (03/10).

Dia mengatakan, bantuan yang diberikan berupa susu dan kebutuhan pokok anak tersebut.  Bantuan ini guna mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya.

“Selain itu, kami juga terus melakukan koordinasi dengan Puskesmas dan pihak terkait agar MZ segera mendapatkan penanganan medis terbaik,” katanya. 

Di tempat berbeda, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pengasinan, Ratih Oktriviana menjelaskan, selain melakukan pemantauan, pihaknya juga sudah membantu MZ mendapatkan pelanyanan kesehatan. Saat ini,  MZ sedang melakukan berobat jalan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

“Setelah melakukan kunjungan ke rumah MZ,  kami memberikan surat rujukan dan mengantar MZ ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, untuk selanjutnya di rujuk ke RSCM yang memiliki dokter spesialis untuk penyakit tersebut agar MZ mendapatkan pelayanan medis terbaik,” jelasnya. 

Dirinya menambahkan, pihaknya masih menunggu analisa dari dokter RSCM untuk penanganan selanjutnya. Sementara itu,  Puskesmas bersama kader Posyandu rutin memantau dan memberikan susu khusus untuk dikonsumsi MZ. 

“Kami berterimakasih kepada para kader yang terus membantu Puskesmas dalam melakukan pemantauan kepada MZ,” pungkasnya.(mia)