DepokNews— Pelarian pelaku penculikan anak di Kota Depok akhirnya terhenti sudah setelah anggota Satreskrim Polrestro Depok berhasil meringkus pelaku I alias Buluk ( 23), di daerah Taman Tanah Tinggi Johar Baru Jakpus, Kamis (16/7) siang.

Kapolrestro Depok Kombes Azis Andriansyah mengatakan penangkapan pelaku langsung dipimpin Kasat Reskrim Polrestro Depok Kompol Wadi Sa’Bani bersama Kanit Buser AKP Suparno dan Kapolsek Sukmajaya AKP Ibrahim Joao Sadjab setelah ada informasi saksi mengenal ciri-ciri pelaku.

“Berdasarkan informasi kita pelaku ini berada suka berada di Pasar Senin. Setelah dilakukan proses penyelidikan lebih dalam pelaku pengangguran ini akhirnya dapat ditangkap sedang berada di Taman Tanah Tinggi Johar Baru Jakarta Pusat sekitar pukul 13.30 WIB,”ujarnya didampingi Kasat Reskrim Kompol Wadi Sabani dan Kasubag Humas Polrestro Depok AKP Elly usai jumpa pers di Mapolrestro Depok, Jumat (17/7) sore.

Sementara modus pelaku menculik delapan orang anak-anak usia masih belasan tahun di Depok lantaran membujuk untuk mengajak permainan turnamen multi player.

“Selama dalam perjalanan akhirnya kedelapan anak ini berhasil lolos dari pelaku. Namun ada dua korban perempuan sudah dicabuli pelaku dan dua hp diambil pelaku juga,”katanya.

Mantan Kapolres Wonosobo ini menambahkan pengakuan pelaku ingin menculik karena faktor uang buat kebutuham hidup sehari-hari.

“Pelaku tunawisma sehingga untuk memenuhi kebutuham hidup sehari-hari kadang mengamen atau jadi kuli panggul kasar di Pasar Senen,”ungkapnya.

“Untuk mempertanggung jawabkan perbuatan pelaku dikenakan pidana Pasal 83 Jo 37F dan Pasal 82 Jo 76E UU No 35 tahun 2014 ttg Perlindungan Anak dan atau Pasal 330 KUHP dan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 15 Tahun Penjara.” pungkasnya.