Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida saat menjadi pembicara pada kegiatan pelatihan kurikulum bagi guru PAUD se-Depok di aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Balai Kota Depok, Rabu (18/07) (Foto: Diskominfo)

Bunda PAUD Depok: Komunikasi Kunci Ketahanan Keluarga

Posted on 1,203 views

DepokNews– Guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang penting untuk menentukan generasi muda karena di jenjang PAUD anak-anak mulai dididik. Untuk itu, setiap guru PAUD harus dapat menerapkan ketahanan keluarga di dalam diri mereka.

“Di dalam dunia pendidikan, ketahanan keluarga diharapkan dapat membentuk karakter setiap anak. Kuncinya melalui komunikasi yang efektif dan mementingkan aspek perkembangan anak,” ucap Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida pada kegiatan pelatihan kurikulum bagi guru PAUD se-Depok di aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Balai Kota Depok, belum lama ini.

Lebih lanjut, ujarnya, sentra pendidikan terdapat di tiga komponen yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat atau lingkungan. Sebagai pendidik, seorang guru harus dapat menerapkan ketahanan keluarga sesuai fungsinya dan juga sebagai bagian dari keluarga.

“Jadi dalam ketahanan keluarga juga ada pengasuhan efektif selain dalam keluarga yaitu lingkungan sekolah oleh guru. Kemudian, ada tahapan bagaimana cara berkomunikasi dan mendisiplinkan anak,” katanya

Dirinya menambahkan, diharapkan seorang pendidik dapat menjadi contoh kepada masyarakat dalam mewujudkan keluarga yang utuh. Karena figur guru adalah panutan.

“Penerapan ketahanan keluarga  merupakan langkah antisipasi terhadap berbagai penyimpangan. Selain juga menghindari diri serta anak kita dari kasus-kasus dalam keluarga yang berimbas pada perkembangan anak,” tandasnya.

sumber: depok.go.id