Ketua Umum Forum Keluarga Harmonis (FKH), Elly Farida saat membuka acara seminar Pendidikan Pra Nikah yang diadakan di ruang Teratai lantai 1 gedung Balai Kota Depok, Sabtu (07/10/17). (Foto : Jose/Diskominfo)

Bunda Elly: Pendidikan Pranikah Sangat Penting Untuk Suksesnya Rumah Tangga

Posted on

DepokNews — Forum Keluarga Harmonis (FKH) Kota Depok menggelar acara seminar pranikah di lantai 1 Ruang Teratai, Gedung Balai Kota Depok. Kegiatan yang diikuti 100 peserta remaja dan dewasa ini, dinilai penting untuk menciptakan keluarga yang harmonis.

Ketua Umum FKH Kota Depok, Elly Farida yang akrab dipanggil Bunda Elly mengatakan, pendidikan pranikah itu sangat berperan penting dalam suksesnya kehidupan rumah tangga baru. Lewat pendidikan pranikah para calon pengantin atau yang sedang dalam masa persiapan untuk menikah memiliki suatu pemahaman tentang arti dari sebuah pernikahan.

“Lewat acara ini ini kita ingin para peserta memiliki suatu bekal dan pemahaman tentang arti menikah yang sebenarnya, bukan hanya sekadar menikah. Tapi, juga memiliki solusi bagaimana dalam menghadapi berbagai gelombang permasalahan dalam sebuah pernikahan,” tutur Bunda Elly, sapaan akrabnya, kepada depok.go.id seusuai membuka acara tersebut, Sabtu (07/10/17), seperti yang dikutip depok.go.id

Ia menambahkan, pendidikan pranikah tersebut merupakan suatu upaya dalam mendukung program unggulan Kota Depok sebagai kota ketahanan keluarga. Selain melalui pendidikan pranikah, pihaknya juga turun ke masyarakat memberikan penyuluhan atau sosialisasi tentang bagaimana cara membina sebuah rumah tangga yang harmonis.

“Ini yang menjadi semangat kami selaku FKH untuk terus mendorong terciptanya ketahanan keluarga di Kota Depok dengan melakukan berbagai langkah preventif, salah satunya dengan pendidikan pranikah ini,” jelasnya.

Dikatakannya, melalui pendidikan pranikah bisa memberikan manfaat bagi para peserta, karena diajarkan banyak hal yang dapat mendukung suksesnya kehidupan rumah tangga. Angka perceraian pun diharapkan dapat diminimalisir dengan adanya pendidikan pranikah tersebut.

“Kita harapkan dengan mengikuti pendidikan pranikah, menumbuhkan kesadaran akan berbagai masalah potensial yang dapat terjadi setelah menikah, disertai dengan informasi upaya efektif mencegah atau mengatasi masalah-masalah tersebut hingga pada akhirnya tercipta suatu pernikahan yang sakinah, mawadah, dan wa rahmah,” tutupnya.