Bunda Elly : P2TP2A Punya Peranan Besar

Posted on

DepokNews — Ketua TP PKK Kota Depok yang akrab disapa Bunda Elly selaku Ketua P2TP2A Kota Depok Periode 2017-2020 mengatakan bahwa Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) memiliki peranan yang begitu besar. Hal tersebut diungkapkannya usai dilantik Walikota Depok Mohammad Idris, bersama dengan para pengurus, di Aula Lantai 10, Gedung Baleka 2, Senin (9/10/2017).

Tugas pokok dari P2TP2A Kota Depok seperti yang tercantum dalam Surat Keputusan Walikota Depok Nomor 821.29/289/Kpts/DPAPMK/Huk/2017 yaitu memberikan pelayanan fisik, psikis, pendampingan hukum, rehabilitasi sosial, reintegrasi, fasilitasi pemberdayaan ekonomi, pusat informasi, rujukan, konsultasi, advokasi, pendidikan dan pelatihan serta membantu penyelesaian permasalahan kekerasan pada perempuan dan anak. “Begitu besar peranan yang harus dijalankan oleh P2TP2A ini sehingga diharapkan adanya sinergitas dan komitmen yang kuat untuk sama-sama menjalankan amanah tersebut,” ujar Bunda Elly.

Dirinya menerangkan, di Kota Depok juga telah dideklarasikan TRC (Tim Respon Cepat) yang terdiri dari instansi terkait serta seluruh lembaga yang selama ini menangani korban kekerasan pada perempuan dan anak. Selain itu Kota Depok juga telah memiliki Satgas PKDRT di tiap kelurahan serta Poktan di tiap RW sehingga diharapkan akan mempermudah koordinasi, upaya preventif, promotif dan rehabilitatif. Bunda Elly juga berpesan jika melihat, mendengar atau  mengalami kekerasan pada perempuan dan anak agar tak ragu untuk melapor ke hotline 1500664 atau melalui emergency call di 112.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus P2TP2A Kota Depok periode sebelumnya dan saya berharap kedepannya semoga bisa menghasilkan program kerja yang baik sehingga dapat meningkatkan pelayanan pada masyarakat demi mewujudkan Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius,” tutupnya