Bunda Elly: Komunikasi pada Anak Harus Kreatif

Posted on 9 views


DepokNews — Membangun komunikasi pada anak, perlu dilakukan secara intens. Namun begitu, perlu kreativitas dalam berkomunikasi, agar isi pembicaraan lebih variatif dan menyenangkan.


“Rata-rata pertanyaan orang tua kepada anak-anaknya, sudah makan belum, ada tugas di sekolah tidak. Kita harus lebih kreatif dalam membangun komunikasi. Misalkan kita bertanya, apa yang dirasakan, bahagia atau sedih. Pengalaman-pengalaman apa saja yang dialami selama di sekolah,” kata Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok, Elly Farida yang akrab dipanggil Bunda Elly saat menjadi pembicara Seminar Keluarga di SMPN 19 Depok Jaya, Sabtu (09/09/2017).


Bunda Elly berpendapat, ada masanya anak akan mencari ruang dan kanal untuk mencurahkan perasaannya. Apabila tidak sejak dini dibangun komunikasi yang ramah, dikhawatirkan mereka akan mencari tempat curahannya di luar keluarga.


“Jangan sampai anak menjadi tertutup dan mencari pelampiasannya dengan hal-hal negatif. Seperti narkoba, seks bebas, dan perbuatan lainnya yang tidak seharusnya mereka lakukan,” imbuhnya.


Dikatakan Bunda Elly, komunikasi yang ramah ini, bisa dikreasikan dengan kembali mengenalkan anak-anak dengan permainan tradisional. Karena nilai edukasi dan sosialnya lebih tinggi dibandingkan permainan yang ada di dalam gawai (gadget).


“Tidak ada salahnya kita kembali mengajak anak-anak bermain congklak, bola bekel. Permainan yang jarang sekali dimainkan sekarang ini, atau kita membacakan dongeng untuk mereka, diharapkan komunikasi yang terjalin menjadi lebih hangat dan bersahabat,” tutupnya.