Bunda Elly Kembali Adakan Kegiatan Stop Kekerasan Pada Anak di SD Pada 11 Kecamatan Kota Depok

Posted on 5 views

DepokNews — Sebagai upaya preventif untuk mencegah kekerasan dan pelecehan seksual pada anak, Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida yang akrba dipanggil Bunda Elly terus melakukan kegiatan stop kekerasan pada anak di SD yang tersebar di 11 Kecamatan se Kota Depok.

Kali ini, Sabtu, (18/3/2017) Bunda Elly menggelar kegiatan stop kekerasan anak di Kecamatan Cipayung tepatnya di  SDIT Mawaddah, Kelurahan Pondok Jaya, seperti yang dilansir depok.go.id

Pada kesempatan terbut Bunda Elly mengajak anak-anak untuk  mengenali empat bagian tubuh sensitif yang tidak boleh disentuh orang lain. Pemahaman ini dibangun, agar anak tahu apa yang harus dilakukan saat bagian tubuhnya dipegang oleh orang lain.

“Keempat bagian ini merupakan bagian yang sensitif, dan hanya boleh disentuh oleh dirinya sendiri dan oleh ibunya,” tutur Bunda Elly.

Dirinya menjelaskan, keempat bagian tersebut merupakan bagian sensitif yang bisa menjadi pemicu kekerasan dan juga pelecehan terhadap anak. Untuk itu, perlu adanya pemahaman agar sang anak bisa menjaga daerah tersebut, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Anak-anak harus bisa menolak, jika ada orang lain yang menyentuh bagian tersebut,” jelasnya.

Keberanian anak untuk menolak, kata Elly, harus ditanamkan sejak dini. Menurutnya, pelaku kekerasan atau pelecehan pada anak tidak selalu berasal dari lingkungan luar atau pun orang tidak dikenal. Tapi, juga bisa berada dalam lingkungan anak itu sendiri seperti keluarga besar atau para tetangga.

“Bisa saja pelaku berada di lingkungan terdekat dari anak, makanya kami memberikan pemahaman dengan menggunakan dongeng dan juga nyanyian, agar mudah dipahami dan anak bisa terus mengingatnya,” katanya.