Bunda Elly : Keluarga Benteng Utama Pencegah Narkoba

Posted on 5 views

DepokNews — Ketua TP PKK Kota Depok yang juga Ketua Forum Keluarga Harmonis (FKH) Kota Depok Elly Farida yang akrab disapa Bunda Elly mengatakan keluarga merupakan benteng utama pencegahan penyalahgunaan narkotika.
“Keluarga menjadi lingkaran pertama untuk mencegah terjangkitnya narkoba di kalangan remaja. Karena itu, ia berharap orangtua bisa mengawasi dan mendidik anaknya untuk menjauhi narkoba. Keluarga harus menjadi teladan, khususnya orangtua yang menjadi contoh bagi anak-anaknya,” Kata Bunda Elly dalam berbagai kegiatan, seperti yang dikutip depok.go.id

Menurut Bunda Elly, pencegahan penyalahgunaan narkoba bisa dimulai dalam keluarga, karena keluarga sejahtera yang penuh kasih sayang, sebetulnya sudah melaksanakan pencegahan. Anak-anak yang tumbuh dengan kasih sayang dan rasa nyaman, kata Elly, memiliki kesempatan untuk menyatakan perasaan dan mengeluarkan pendapat. Tidak hanya itu, ia juga akan dengan mudah berinteraksi dan berkomunikasi dengan terbuka di dalam rumah.

“Keluarga yang harmonis pastinya memiliki keterbukaan dan juga komunikasi yang baik, dengan begitu anak juga tidak akan sungkan untuk menceritakan semua hal kepada orangtuanya. Jika itu bisa berjalan dengan baik, maka pencegahan bisa dilakukan,” tambahnya.

Bunda Elly juga mengatakan, anak merupakan aset berharga yang harus dijaga semaksimal mungkin, khususnya dari bahaya narkoba. Terlebih, potensinya yang sangat besar. Bahkan, di Jawa Barat, jelas Elly, 31 persen isinya adalah anak-anak muda yang keberadaannya harus dijaga dengan baik.

“Anak muda hanyalah korban. Untuk itu, mereka harus paham apa itu narkoba dan bahayanya. Itu harus bisa dilaksanakan di dalam lingkungan keluarga,” imbaunya.