Foto: Meida-- Ketua PKK Kota Depok, Elly Farida saat memberikan tausiyah di Masjid Al-Marjan, di Permata Depok Regency

Bunda Elly Ingatkan Masyarakat Depok Untuk Ajarkan Toleransi Pada Anak

Posted on 8 views
DepokNews — Ketua TP PKK, Elly Farida  mengingatkan masyarakat Depok, khususnya kepada orang tua untuk selalu mengajarkan sikap toleransi kepada anak sejak dini. Salah satu pemikiran yang lahir kala itu adalah terkait harmonisasi dalam keberagaman. Sebab, nilai-nilai harmonisasi melalui sikap saling toleransi antar umat beragama agar terus terjaga dan terjalin.

“Apalagi di zaman era globalisasi saat ini. Banyak anak-anak yang sudah menghilangkan nilai-nilai tersebut. Jangankan untuk toleransi terhadap umat beragama, terkadang masih ada saja anak yang kurang sikap toleransinya kepada teman ataupun orang tuanya,” ujar wanita yang biasa disapa Bunda Elly saat diwawancarai oleh awak depoknews.id, Minggu (8/10/2017).

Mengapa sikap intoleransi terhadap anak zaman sekarang berubah?

Hal itu dipengaruhi oleh zaman milenial atau zaman gadget yang sudah menjadi dewa penguasa anak-anak sekarang, sambung Elly.

Maka dari itu,  dibutuhkan peran penting orang tua untuk ikut serta dalam mengajarkan sikap toleransi kepada anak sejak dini.

“Mengajarkan sikap toleransi kepada anak itu sebenarnya mudah, lho. Hanya cukup dengan menanamkan pondasi keagamaan sejak dini. Ajarkan mereka mengaji, mengenal kisah-kisah nabi, dan ajarannya. Sebab, dalam islam telah diajarkan sikap toleran kepada sesama,” kata Bunda Paud tersebut.

Dikatakannya, budaya membaca Alquran juga termasuk dalam pembentukan karakter anak. Melalui membaca al-quran dan memberikannya pondasi dengan rukun islam insyaallah karakter anak akan lebih terbentuk sehingga mampu membentuk imannya.

“Dengan mengajarkan dan menanamkan sikap toleran kepada anak dengan agama, insya allah dapat memperkokoh suatu bangunan yang kuat dan iman anak terhadap agama dan lingkungannya,” tandasnya.