DepokNews- Ketua Forum Keluarga Harmonis (FKH) Kota Depok, Elly Farida mengajak orang tua dan masyarakat untuk lebih mengawasi tumbuh kembang anak di masa pandemi Covid-19. Salah satunya, menurutnya, pengawasan dalam pergaulan dan kesehatan anak.

“Mereka yang masih mendapatkan kasih sayang orang tua dan berada di lingkungan yang baik, serta sekolah di tempat yang bagus dapat tumbuh berkembang menjadi anak yang unggul,” tutur Bunda Elly, Sabtu (21/8/2020).

Dikatakannya, di sisi lain terdapat beberapa anak yang berada dalam ancaman, terbawa arus menjadi korban atau bahkan menjadi pelaku kekerasan. Untuk itu, perlu perhatian bersama untuk mengawasi tumbuh kembang anak baik di dalam keluarga sendiri ataupun lingkungan.

“Pengawasan bersama sangat penting agar anak-anak tidak terjerumus kepada pergaulan yang negatif. Di antaranya narkoba, sex bebas, merokok, begadang, minum alkohol, kecanduan game online dan pornografi,” jelasnya.

Dirinya yang juga Bunda PAUD Kota Depok menuturkan, salah satu yang dapat dilakukan dalam membuat tumbuh kembang serta pengawasan anak berjalan baik ialah kedekatan dengan keluarga. Para orang tua, sambung Bunda Elly, harus memberikan ruang komunikasi agar dapat saling interaksi.

“Komunikasi serta interaksi yang baik dapat menjaga anak dari pergaulan bebas. Orang tua bisa tenang, anak aman, keluarga terlindungi, demi mewujudkan ketahanan keluarga,” terangnya.

Bunda Elly pun meminta, kepada anak-anak untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Jika tidak bisa mengatur waktu, akan menjadi manusia yang merugi, tidak memiliki kepekaan dalam melihat berbagai hal yang menjerumuskan. 

“Orang tua harus memiliki kecintaan kepada putra putri. Agar kelak dapat menjadi anak yang mampu menangkap hal-hal positif dan menjauhkan yang negatif,” tandasnya.(mia)