DepokNews–Perhelatan Lomba Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas TK-SD-SMP Se-Kota Depok dilaksanakan hari Kamis-Jumat, 4-5 April 2019 di SD Yaspen Karakter Bangsa Sukmajaya Depok.

Peserta yang diperkenankan mengikuti lomba ini adalah pemenang dari setiap kecamatan baik sekolah negeri atau swasta.

Lomba guru berprestasi dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tes tertulis, wawancara, dan presentasi. Sebelum mengikuti tes setiap peserta harus mengumpulkan portofolio, best practise, dan penilaian akhlaq terpuji.

Portofolio yang dikumpulkan oleh peserta sangat bervariatif tebalnya dan bahkan ada yang sampai memakai countainer.

Ada 14 komponen dalam penilaian portofolio yaitu biodata peserta, ,kualifikasi akademik, pendidikan & pelatihan, pengalaman mengajar, dokumen pembelajaran, prestasi akademik, prestasi pembimbingan siswa, karya pengembangan profesi, keikutsertaan dalam forum keilmiahan, pengalaman organisasi (bidang pendidikan & sosial), pengalaman tugas tambahan, penghargaan yang diperoleh (dalam bidang pendidikan), penilaian kinerja guru, dan kerangka penulisan KTI.

Mudzakkir Harun Alrasyid,S.Ag.,M.Pd. adalah salah satu dari 18 peserta guru berprestasi Sekolah Dasar (SD) swasta yang menjadi peserta lomba. Sementara guru SD Negeri jumlahnya kurang lebih 15 guru.

Dalam presentasinya Mudzakkir memilih best practise meskipun hampir sebagian peserta mengambil PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Mudzakkir beralasan bahwa best prctice yang diberi judul “Pemanfaatan Aplikasi Video Smartphone dalam Pembelajaran Toleransi Beragama PAI Kurikulum 2013 Kelas 6 SDIT Miftahul Ulum Cinere Depok” sangat menarik dan menghasilkan produk video pembelajaran yang diunggah di youtube melalui akun keren.mdzkr@gmail.com

Saat presentasi best practice di depan 3 orang dewan juri, Mudzakkir memberikan buku “Toleransi Kini dan Nanti” yang merupakan satu kesatuan dari best practice. Buku tersebut berisi tentang pembelajaran surat Al Kafirun, nada kursi Muzammil Hasbalah, lagu dien assalam Nisya Sabyan, kaligrafi 2 pensil, dan testimoni & video pembelajaran siswa kelas 6.

Buku Toleransi Kini dan Nanti diterbitkan oleh Yayasan Miftahul Ulum Addiniyyah Gandul dengan editor Zaki Al Hamzah. Semoga buku yang dijadikan best practice dalam lomba Guru Berprestasi Kota Depok 2019 ini dapat menginspirasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan sebagai literatur bagi para guru.