Mentimun merupakan buah yang berumur tua, dan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu mentimun juga bermanfaat menjaga kesehatan, misalnya untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Putih, Kenyal dan Halus

Sifat mentimun yang mendinginkan bermanfaat untuk kesehatan kulit. Terdapat kandungan asam alfa hidroksil yang membantu pengelupasan kulit mati, yang mengelupas secara teratur dan diganti sel yang baru. Sifat mentimun yang mendinginkan, membantu peradangan dapat terkendali. Sehingga mampu mengurangi atau mencegah timbulnya jerawat. Bagi yang berkulit sensitif bisa meredakan dengan jus mentimun, lalu dioleskan pada kukit wajah yang sudah bersih. Akan lebih membantu jika mengkonsumsi mentimun dalam jumlah cukup banyak. Mentimun mengandung asam glikolat yang mudah menembus dinding sel dan bisa memacu pembentukan kolagen. Kolagen diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan kekenyalan kulit dan bisa mengurangi kerutan pada kulit. Kemampuan mengurangi kerutan karena mentimun kaya akan vitamin C, makanya jus mentimun mampu melembabkan dan menghaluskan kulit.

Penurun Tekanan Darah

Ada beberapa zat kandungan dalam biji dan buah mentimun, seperti serat, betakaroten vitamin E, mineral, zat antioksidan. Juga berfungsi menurunkan kadar gula darah, antioksidan untuk kesehatan sel sampai anti kanker. Menariknya lagi, mentimun mengandung mineral kalium dan natrium yang berperan dalam penurunan tekanan darah. Telah dibuktikan secara klinis bahwa mentimun berkhasiat sebagai anti hipertensi. Namun, hati-hati bagi penderita tekanan darah tinggi yang sedang minum obat dokter, karena kombinasi dengan mentimun bisa menyebabkan penurunan tekanan berlebihan.

Pembersih Susu dari Mentimun

Ada alternatif pilihan membersihkan wajah secara alami, anda bisa mencobanya dirumah. Caranya, parut mentimun berukuran sedang, campur dengan seperempat susu cair, aduk hingga rata, kemudian masukan dalam botol bersih lalu simpan dalam lemari es maksimun hanya untuk tiga hari. Gunakan susu pembersih mentimun ini seperti memakai susu pembersih biasa.

Selain itu juga bisa dengan cara lain, yakni setengah buah mentimun diparut campur kedalam seperempat liter susu cair, didihkan selama 5 menit lalu dinginkan. Saring sebelum dimasukkan ke botol, simpan dalam kulkas. Susu pembersih dapat bertahan selama satu minggu.

Bagi anda yang tidak punya waktu untuk membuatnya, namun ingin merasakan khasiat mentimun. Cukup oleskan irisan buah dan kulit bagian dalam sehabis dikelupas, biarkan lebih lama agar bisa menampakkan efek.

Jadi tidak harus dengan penggunaan make up yang mengandung zat kimia saja yang dapat membuat kulit menjadi cantik dan sehat, biah-buahan juga dapat memberikan kecantikan dan kesehatan karena mengandung bahan alami. Ada tips juga nih tentang mentimun yang harus kamu ketahui..

Sifat mentimun yang mendinginkan bisa untuk mengatasi kesulitan buang air kecil. Sudah pasti kan, mentimun cocok membersihkan tubuh membuang racun dan sisa pembakaran tubuh. Artinya, makan mentimun secara teratur dapat meningkatkan kesehatan khususnya kulit. Cukup dengan mengonsumsi buah mentimun segar berukuran sedang, paling sedikit tiga kali seminggu. Untuk pembersih wajah, bisa dipakai sehari satu kali. Bisa juga dikombinasikan dengan berbagai jenjs buah lainnya. So, selamat mencoba ya ladies.

Disadur dari Tabloid Nyata