Foto: Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida yang akrab dipanggil Bunda Elly saat membuka workshop parenting Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok di Gedung Balai Kota, Senin (25/9/2017).

Buka Workshop Parenting, Bunda Elly Jelaskan Tiga Tipe Pengasuhan Anak

Posted on

DepokNews — Dalam pengasuhan anak, ada tiga tipe pengasuhan yang diterapkan orang tua pada anak-anaknya yang bakal berpengaruh pada psikologis anak saat dewasa nanti, yang dikemukakan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida yang akrab dipanggil Bunda Elly

Dikatakannya, orang tua memiliki caranya sendiri saat membesarkan putra-putri mereka. “Setidaknya ada tiga tipe pengasuhan orang tua, ini semua pilihan. Kita sebagai orang tua tentu ingin yang terbaik bagi anak-anak kita,” ujar Elly pasca membuka workshop parenting Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok di Gedung Balai Kota, Senin (25/9/2017).
Tipe pertama otang tua dalam pengasuhan yakni tipe tukang laundry. Dalam tipe ini orang tua menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada sekolah tanpa ada campur tangan ayah atau pun bundanya. Akan tetapi menurutnya, tipe pengasuhan ini tidak tepat, karena kewajiban mendidik anak itu yang utama ada di tangan orang tua. Bukan di tangan sekolah belaka.

Selain itu, tipe pengasuhan orang tua yang kedua,yaitu tipe mercusuar. Dalam tipe ini, termasuk tipe orang tua yang tidak memberikan kesempatan kepada anaknya untuk memilih dengan mandiri dalam menentukan sikap dan tidak ada komunikasi dengan anaknya.

“Semua itu sesuai instruksi orang tua. Maka dari itu, tipe ini orang tua tidak mampu menghargai potensi dan kecerdasan yang dimiliki anak. Bahkan, akibatnya anak bisa stres dan tidak mandiri. Bila berprestasi yang bangga hanya orang tua saja,” tambah perempuan yang biasa disapa Bunda Elly.

Tipe pengasuhan yang terakhir, ialah tipe pengasuhan yang ideal yakni orang tua dengan tipe air. Dalam penerapan pola pengasuhan ini, orang tua mampu mengantarkan anaknya yang memiliki potensi dan bersikap terbuka.

“Apabila berprestasi menjadi kebahagiaan bersama, baik orang tua maupun anak. Nah, tipe seperti ini yang sangat diidamkan. Kalau setiap keluarga di Depok menerapkan tipe air ini, tentunya harapan kita menjadikan Depok dengan kuatnya ketahanan keluarga tentu akan dapat kita raih bersama-sama,” tutupnya dengan gayanya yang khas dan lembut.