Buka Puasa di Soto Kauman Express (Soto Depok Asli Kudus) Cukup Bayar Dengan Doa

DepokNews– Bulan Ramadhan adalah bulan berbagi, bulan dimana setiap orang berlomba-lomba untuk berbagi. Begitu juga dengan yang di lakukan Soto Kauman Express yang terletak di Jalan Raya Mochtar no.8 A Sawangan Depok.

Seperti tahun tahun sebelumnya di warung soto depok ini menyediakan menu berbuka dengan hanya membayar dengan doa. Berbeda rumah makan lain yang umumnya hanya menyediakan takjil gratis untuk membatalkan puasa, di warung ini disediakan tak kurang dari 4 menu.

Pengunjung akan diberikan 1 paket menu yang terdiri dari soto orisinal Soto Kauman Express, siomay, buah kurma, Es Jeruk. Kemudian, pengunjung cukup menuliskan doa di link bit.ly/bayarpakaidoa atau di secarik kertas yang disediakan oleh pelayan Soto Kauman Express. Kartu doa inilah yang berfungsi sebagai alat transaksi pengganti uang.

Program Buka puasa bayar pake doa ini sudah memasuki tahun kelima. Sejak tahun 2014 sudah diberlakukan buka puasa bayar pake doa. Setiap tahunnya selalu ada yang berbeda.

Ubaidillah, pemilik usaha  Soto Kauman Express,  ayah dari tiga anak ini menjelaskan, program Buka Puasa Bayar Pake Doa adalah program unggulan yang menjadi ajang berbagi pada bulan Ramadhan. Selain menjadi ciri khas Soto Kauman Express, Ubaidillah ingin mengejar dua keutamaan bulan Ramadhan, yakni pahala dan doa orang yang berpuasa.

“Ketika memberi makanan berbuka puasa, pahalanya sama seperti yang berpuasa dan salah satu doa yang makbul adalah ketika orang berbuka puasa,” jelasnya.

Yang berbeda dari tahun lalu adalah tahun ini doanya khusus untuk Indonesia Damai, Ubaidilah melihat kondisi bangsa akhir-akhir ini seakan-akan terbelah dengan adanya serangan teroris, melalui momentum ramadhan ini ubaidilah berharap bisa mempersatukan anak bangsa dengan untaian doa-doa dari pelanggan yang berpuasa

Setiap harinya, pihak Soto Kauman Ekspress menyediakan 50 set makanan berbuka puasa yang terdiri atas empat hidangan per set. Pengunjung bisa datang mulai pukul 17.30 WIB atau lebih awal untuk mendapatkan tempat duduk.

“Jumlah kursi kita di Soto Kauman Express ada 30-40 orang, tapi kalau yang datang lebih dari 50 orang enggak masalah,” ungkapnya.

Soto Kauman Express beralamat di Jalan Muchtar Nomor 8A, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Program Buka Puasa Bayar Pake Doa ini berlaku saat waktu berbuka puasa, yakni pukul 18.00 – 18.30 WIB.