Budaya PHBS Harus Diterapkan Sejak Dini

DepokNews- Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), harus diterapkan sedini mungkin. Karena itu, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengajak komunitas di sekolah untuk menerapkan budaya positif ini sehari-hari.

Menurut Pradi, PHBS harus ditanamkan sejak usia dini agar pelajar terbiasa melakukan PHBS dalam kehidupan
sehari-hari.

“PHBS harus mulai diterapkan pada usia dini. Upaya ini bisa dilakukan, mulai dari lingkungan sekolah,” katanya. 

Dirinya juga menegaskan, tanpa adanya sosialisasi langsung, komunitas di lingkungan pendidikan tentu tidak akan mengetahui pasti mengenai PHBS. Sehingga perlu melibatkan dinas terkait seperti Dinas Pendidikan (Disdik) serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk memberikan sosialisasi secara langsung.

“PHBS mutlak diterapkan di lingkungan sekolah. Karena menjaga kesehatan dan kebersihan merupakan prioritas yang ingin dicapai pemerintah daerah. Mari kita wujudkan masyarakat yang kuat, sehat dan cerdas. Kita harus peduli terhadap kesehatan. Program inilah yang
diharapkan berjalan maksimal dan tersosialisasi dengan baik,” tuturnya. 

Pradi menambahkan, sekolah harus bisa membuat peraturan yang mendorong siswa berperilaku bersih dan sehat. Seperti membuang sampah pada tempatnya dan cuci tangan setiap saat untuk menghindari kuman.

“Anak-anak berpotensi mengikuti perilaku orang dewasa. Mereka masih meniru apa yang dilakukan kita. Jadi berikanlah contoh yang baik,” tutup Pradi.(mia)

Area lampiran