Brigade Nusantara Kota Depok (Brinus) pada kamis, 27 Agustus 2020 melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Kantor KPUD Kota Depok Jl. Kartini No.19 Depok Pancoran Mas Kota Depok. Pada kesempatan itu kehadiran BRINUS yang di ketuai R. Eko Cahyo Susanto atau sapaan akrabnya Ki Jaghat Pati bersama Pengurus lainnya diterima langsung oleh Nana Sobharna selaku Ketua KPUD Kota Depok.

Dalam kesempatan itu, Eko Cahyo Selaku ketua Brinus menyampaikan kepada Nana slaku ketua KPUD Kota Depok untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada yang akan datang, selain itu Brinus sebagai salah satu ormas yang ada di kota Depok memberi dukungan dan siap mengawal serta menjaga proses pelaksanaan pilkada di depok untuk kondusif, sukses dan berjalan dengan baik.

Nana menyampaikan, “Akan ada hal-hal baru dalam Pilkada tahun 2020 ini. Namun masyarakat tidak perlu takut untuk menyalurkan suara hak pilihnya. Aturan dan regulasi yang telah di tetapkan oleh KPU pusat. Yaitu pertaturan KPU No 6 th 2020. Bahwa penyelenggaraan pemilu di lakukan dengan menetapkan dan mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. KPU telah mempersiapkan sedetail mungkin untuk mencegah penularan covid-19,” Lanjut Nana.

“Saat ini sedang dipersiapkan tahapan pencalonan. Pendaftaran calon akan kita buka pada tanggal 4 hingga tanggal 6 September 2020. Hari pertama kampanye adalah tanggal 26 September 2020. Proses kampanye juga harus menerapkan protokol kesehatan. Sesuai dengan metode yang telah di tetapkan oleh KPU,” Harap Nana. Penyelenggaraan PILKADA ini akan baik dimulai dari penyelenggaranya harus baik,” Tutup Nana.

Salah satu pengurus BRINUS, wahyudin atau bang wahyu (sapaan akrab) mengutarakan bahwa BRINUS yang merupakan Ormas (organisasi masyarakat) dan sebagai wadah berkumpulnya individu, tentunya terpanggil dan sudah seharusnya membantu dalam menyukseskan pilkada. Majunya suatu daerah harus diawali dengan adanya kesadaran masyarakatnya baik secara individu maupun berkelompok karna hal ini menentukan arah strategi pembangunan kedepan.

Kami (BRINUS) siap bersinergi, tidak berpolitik praktis, berperan serta aktif dan siap untuk mengedukasi seluruh masyarakat agar pelaksanaan pilkada tidak ada kecurangan, bersama- sama menjaga kondusifitas dan berupaya mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik serta tidak ada lagi golput. Sehingga Depok diharapkan dengan akan adanya pilkada tidak melahirkan perpecahan, tetapi justru semakin memperkuat persatuan dan kesatuan demi Kota Depok Tercinta.
Ucap wahyudin (wakabid Brinus)