Siti Nurbadriyah, owner Farras Ayu

By Siti Nurbadriyah, owner Salon Muslimah Farras Ayu

Ketika seorang manusia diberi ujian, biasanya reaksi pertama adalah keluhan, putus asa dan protes kenapa Allah memberi ujian/cobaan. Padahal Allah sudah memberi kabar gembira bahwa bersama kesulitan ada kemudahan.

Kaitannya dengan seorang pembisnis, sy mengkaitkan ayat tersebut dengan “keberanian”. Diantaranya keberanian mengambil keputusan, keberanian menghadapi masalah, keberanian menghadapi tantangan, termasuk juga keberanian menangkap peluang (opportunity).

  1. Keberanian mengambil keputusan
    Bisnis adalah all about leadership. Salah satu peran seorang leader adalah sebagai pengambil keputusan. Dalam hal ini seorang leader harus punya keberanian untuk mengambil keputusan. Namun setiap keputusan mengandung resiko pro dan kontra. Tidak setiap keputusan akan memuaskan semua pihak. Disinilah seorang leader harus berani menanggung resiko dari setiap keputusan yg diambil. Disaat – saat tertentu, seorang leader menghadapi para konstituen yang tidak sepaham, sering menentang ataupun tidak jarang mengkhianati, menusuk dari belakang. Ketika menghadapi ujian semacam itu, ingatlah Allah sudah menjanjikan kemenangan dan kabar gembira, bahwa setelah kesulitan ada kemudahan. Ketika malam semakin gelap gulita, pertanda pagi akan segera tiba.
  2. Keberanian menghadapi masalah
    Tidak banyak yang tahu bahwa masalah sebenarnya adalah cara Allah menuntun kita ke tempat yang lebih baik. Masalah membuat kita semakin cerdas. Baik cerdas secara emosi maupun cerdas mencari solusi. Tidak ada kegagalan kecuali putus asa.
    Ketika kita berhasil menundukkan masalah besar, maka masalah – masalah kecil akan lari. Ketika kita menjumpai masalah besar kembali, maka kita sudah biasa menghadapi. Berani mengambil keputusan sebagai leader artinya berani menghadapi masalah. Jangan lari!! karena ketika engkau lari, maka masalah akan terus mengejarmu…
  3. Keberanian menghadapi tantangan
    Jadikan tantangan adalah sesuatu yang misterius, yang sangat menarik untuk ditaklukkan. Tantangan adalah suatu hal atau objek yang menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah, rangsangan kita untuk bekerja lebih giat dan sebagainya. Memotivasi kita untuk terus belajar dan memicu hormon andrenalin untuk lebih keras berpikir dan giat bekerja.
  4. Keberanian menangkap peluang
    Salah satu kecerdasan yang harus dimiliki seorang pembisnis adalah Opportunity Quotient. Bagaimana membuat semua hal menjadi peluang dan mendapatkan keuntungan. Tangkap dulu, bagaimana – bagaimana nanti, dipikirkan kemudian. Semakin sulit, semakin banyak duit. Terus asah ketrampilan opportunity, ketrampilan kolaborasi and then ready to take off… Allahu Akbar…

Semoga Bermanfaat…