BNNK Depok Bentuk Relawan Anti Narkoba

Posted on

DepokNews — Penyalahgunaan Narkoba semakin memprihatinkan sehingga Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok mengambil langkah membentuk Relawan Anti Narkoba. Acara pembentukan relawan ini dilaksanakan di aula Perpustakaan Kota Depok, Kamis, (5/10/2017).

BNN Kota Depok memberikan informasi dan edukasi terkait peran serta masyarakat dalam upaya pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diikuti perwakilan dari beberapa organisasi, seperti Karang Taruna, Organisasi Angkutan Darat (Organda), Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), MUSLIMAT NU, dan Badan Sosial Lintas Agama (Basolina).

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Depok, Sunarto berharap dengan dibentuknya Relawan Anti Narkoba bisa menjadi penggerak penyebarluasan informasi bahaya penyalahgunaan Narkoba, serta mampu mampu mendorong aktivitas pencegahan secara mandiri di masyarakat.

“Nanti akan ada evaluasi secara periodik kepada para relawan/pegiat setelah terjun ke lapangan selama beberapa bulan, dan relawan yang baru dibentuk pertama kali di Kota Depok diharapkan bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba,” katanya.

Ia menjelaskan, pembentukan relawan atau pegiat anti narkoba itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar ikut serta dan aktif dalam memberantas narkoba.

“Pembentukan relawan ini atas dasar instruksi dari BNN pusat untuk membentuk relawan anti narkoba dengan melibatkan para tokoh muda dan ormas seperti karang taruna dan unsur ormas lainnya,” ucapnya.

Sunarto menerangkan, peran masyarakat sangatlah penting untuk bersama-sama mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitarnya masing-masing. Pasalnya, tanpa bantuan dari masyarakat tentunya pencegahan dan pemberantasan ini tidak berjalan secara maksimal.

“Permasalahan narkoba merupakan masalah masyarakat itu sendiri. Sebab masyarakat lebih mengenal lingkungan tempat tinggalnya masing-masing,” tutur dia.

“Marilah bersama-sama membangun untuk memberantas dan mencegah peredaran narkoba di lingkungan masing-masing, bersama pasti kita bisa,” tutupnya.
(Meriawan)