DepokNews–Para mantan pengguna narkoba dan HIV AIDS diberikan kemampuan pelatihan kerja oleh Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Depok.

BNN Kota Depok bekerjasama dengan Dinaskertrans Kota Depok dan pelaku usaha salon Christopher, memberikan pelatihan kepada 15 orang laki-laki dan perempuan sebagai mantan pengguna dan rentan terindikasi narkoba serta HIV AIDS diajarkan menjadi seorang penata rambut (Hair Stylis).

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Depok, Rina Astuti kepada wartawan mengatakan pihaknya memperdayakan sebanyak 15 orang warga Kecamatan Pancoran Mas secara random terpilih menjadi peserta peningkatan kemampuan dalam menata rambut

Kegiatan ini sebelumnya berawal dari pemberdayaan alternatif memperdayakan masyarakat narkoba dengan harap tidak kembali lagi menjadi pengguna Narkoba.

Sebagai salah satu pilot project, lanjut Rina, untuk daerah Kecamatan Pancoran Mas merupakan sebagai tempat rawan narkoba.

Dalam memberikan kemampuan kepada peserta mantan pecandu dan ada juga yang HIV AIDS bekerjasama dengan Christopher Salon kemampuan menjadi seorang Hair Stylis dapat dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha kerja mandiri.

“Untuk jangka kedepan, kami BNN Kota Depok akan mendirikan tempat usaha salon Addicts atau pecandu narkoba”katanya.

Pada peserta yang mengikuti pelatihan statusnya yang sudah pernah direhabilitasi dan bukan yang sudah pernah di tahan.

“Untuk jangka waktu panjang kita akan berkoordinasi tentang pemberian keterampilan pemberdayaan di setiap Kelurahan masuk dalam 10 potensi rawan narkoba. Selain itu kami berharap bisa menjadi berdayaguna di masyarakat dengan keterampilan selama tiga hari”katanya.

Sementara itu dari Manajemen Christopher Salon Kota Depok, Endang Prihatin menambahkan pihaknya sangat menyambut positif dan apresiasi khususnya bagi peserta yang mayoritas mantan pengguna narkoba untuk dapat bangkit dengan kembali berbaur di masyarakat.

“Yang kita tahu sebagai mantan pengguna atau terindikasi terkena HIV AIDS cenderung orang mengucilkan dan tidak mau berhubungan. Namun ceritanya beda setelah mereka semua ini telah diberikan kemampuan berwirausaha ke hal yang lebih positif”katanya.

Selain itu Endang juga menyebutkan pihaknya akan merekrut tenaga baru jika telah dinyatakan bersih dari narkoba.

“Kita koordinasi dengan pihak BNNK Depok untuk dapat mengeluarkan surat bebas narkoba jika ingin bekerja di salon Kota Depok”katanya.