BMKG Hibahkan Alat Pendeteksi Gempa Ke Pemkot Depok

DepokNews– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan hibah berupa seperangkat teknologi pendeteksi gempa bumi kepada Pemerintah Kota Depok.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan
peralatan yang dipasang di Depok City Operation Room (DeCOR) ini, dinilai sebagai upaya mendukung program Kota Cerdas (Smart City). Menurutnya, melalui peralatan ini informasi kejadian gempa dan tsunami se-Indonesia bisa dilihat secara terkini (real time).

“Mudah-mudahan dengan adanya informasi ini bisa memberikan pencerahan bagi masyarakat, Berharap nantinya informasi ini bisa cepat sampai kepada masyarakat juga,” katanya, di ruang kerjanya, usai rapat dengan perwakilan BMKG pusat dan Jawa Barat, Selasa (07/07/20).

Dikatakannya, peralatan yang dihibahkan berupa Warning Receiver System (WRS). Di dalamnya berisi informasi tentang gempa bumi dan tsunami.

“Selain aplikasi, mereka menghibahkan seperangkat layar sentuh WRS yang ada di DeCOR pada Juli kemarin. Kita bisa melihat situasi kondisi gempa, termasuk prediksi tsunami,” katanya.

Dia menambahkan, ketika terjadi gempa di Kota Depok, untuk informasi yang real time khusus diberikan kepada petugas yang nomornya sudah didaftarkan. Kemudian, akan dilanjutkan kepada masyarakat melalui portal pemerintah, baik media sosial (medsos) maupun media massa lainnya.

“Ke depan, kita evaluasi kelebihan dan kekurangan alat ini. Kita berikan tanggapan balik (feedback) sehingga teknologi tersebut bisa menyesuaikan dari waktu ke waktu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi BMKG Bandung, Ramsid menuturkan, WRS merupakan sistem aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menerima informasi dari server BMKG pusat. Kota Depok, menjadi salah satu dari 18 daerah se-provinsi Jawa Barat yang mendapatkan bantuan tersebut.

“Hari ini kita lakukan pengecekan peralatan dan pelatihan operasional WRS. Termasuk menambahkan nomor petugas yang akan dimasukan khusus untuk Pemkot Depok,” tutupnya.