DepokNews– Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengapresiasi peringatan Harganas dengan menargetkan 12.222 akseptor Keluarga Berencana (KB) oleh Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Depok.

Kepala Seksi Peningkatan Akses Wilayah Miskin Perkotaan BKKBN, Pither Amba, apresiasi diberikan karena pelaksanaan Harganas di Depok ini melibatkan seluruh mitra kerja. Mulai dari Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas, Tenaga Penggerak Desa (TPD), dan Penyuluh Lapangan KB (PLKB).

“Target yang didapat juga sudah sesuai dengan yang diberikan oleh BKKBN, artinya sudah tercapai. Kalau secara nasional target kita sejuta akseptor KB,” ujar Pither di UPTD Puskesmas Beji, Senin (29/06/20).

Dirinya menuturkan, pelaksanaan program sejuta akseptor KB tersebut demi mencegah terjadinya baby boom selama masa pandemi Coronavirus (Covid-19). Serta untuk menjalankan kembali program KB yang sempat terhalang dengan adanya Covid-19.

“Dengan adanya program ini mudah-mudahan target akseptor KB secara nasional dapat tercapai,” tuturnya.

Di tempat yang sama, SPABAN V/Bhakti TNI Mabes Angkatan Darat (AD), Letkol Inf. Timmy, mengakui komitmen TNI khususnya AD terhadap pelaksanaan KB sudah jelas. Bahwa TNI AD mempunyai program kaitannya dengan KB yakni TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK).

“Tujuan kita membantu pemerintah pusat dan daerah dalam rangka pengendalian penduduk untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” tandasnya.