Bisnis Aqiqah Membawa Berkah

Posted on 183 views

DepokNews — Kelahiran bayi yang cukup tinggi di Indonesia termasuk di kota Depok, ditambah lagi dengan pemahaman orang tua tentang perintah untuk mengaqiqahkan anak yang baru lahir membuka peluang usaha untuk pengadaan hewan dan catering aqiqah.

Dalam ajaran islam setiap bayi yang lahir di sunahkan untuk di aqiqahkan, perintah ini berdasarkan hadits “setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan kambing atau domba pada hari ke-7 dari kelahiranya, diberi nama, dan di cukur rambut kepalanya” ( Al-Hadits).

Dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan.

Salah satu yang menggeluti usaha aqiqah ini adalah Anto Athayalloh atau yang biasa di panggil Anto. Ia memulai bisnis ini sejak satu tahun yang lalu.

Awalnya Anto bekerjasama dengan beberapa temannya yang sudah memiliki usaha jualan hewan qurban. Tapi, momen qurban hanya setahun sekali penghasilan yang didapat dari usaha jual hewan qurban.

Anto kemudian  mengembangkan bisnis yang masih terkait dengan kambing dan domba , dengan mulai membuka usaha Catering Aqiqah sebagai pengembangan dari usaha penjualan hewan qurban,  dengan nama Berkah Qurban Aqiqah yang  berlokasi di Jl.Cepit Raya no.63 Rt 03/Rw 02 Jatimulya, Depok, Jawa Barat.

Diawal usaha Anto mengeluarakan modal awal sebesar 10 juta yang digunakan untuk pembuatan kandang, perlengkapan masak, media promosi dan lain-lain.  Untuk memperkenalkan Usaha Aqiqah ini ke masyarakat dan konsumen Anto melakukan pemasangan banner dan spanduk aqiqah, bekerjasama dengan bidan-bidan dan Rumah bersalin. Selain itu ia juga melakukan promosi di media online dengan membuat akun sosial media di

facebook : Berkah Qurban Aqiqah,
Panfage : Berkahnya.Qurban
instagram: berkahnya_qurban website: www.berkahaqiqah.id.

Untuk kebutuhan hewan kambing atau domba saat ini suplay di dapat dari sekitaran Depok dan Bogor.

“Untuk saat ini saya mendapatkan suplay daging dari daerah Bogor dan Depok, saya mempunyai target untuk tahun depan bisa memiliki kandang ternak sendiri,” Ujar Anto.

Menu yang ditawarkan untuk aqiqah antara lain gulai, sop, sate, tengkleng, kambing guling, nasi kebuli, untuk kedepan ia akan membuat menu-menu kekinian semisal teriyaki. Harga yang ditawarkan untuk paket hemat sebesar 1,3 jt sdh mendapatkan 50 porsi gulai dan 200 tusuk sate.

“Paket hemat itu sekitar 1,3 jt dengan gulai 50 porsi dengan sate 200 tusuk sate dan tersedia juga untuk paket super sebesar 2 jt dengan 100 gulai dan 400 tusuk sate ,” ujar Anto.

Untuk keuntungan yang diraih saat ini cukup untuk menutupi biaya operasional dan ada keuntungan yang lumayan. “untuk target tahun 2018 tiga kali lipatnya dan target untuk kegiatan sosial kita akan rutinkan sedekah nasi kebuli setiap hari jum’at ,”  pungkas  Anto. (Trisna Nugraha)