DepokNews–Peringatan acara Haul Gus Dur (alm KH. Aburrahman Wahid) pada 21 Desember 2018 di Ciganjur Jaksel akan banyak diisi dengan rangkaian kegiatan. Salah satunya dengan Semaan Al-Qur’an (membaca Al-Qur’an 30 juz tanpa melihat teks).

Hal itu dibenarkan Ketua Jamiyyatul Qurro’ Wal Huffadz (JQH) Kota Depok Ust. Imam Nafi’. “Kita JQH Depok mengisi acara semaan Al-Qur’an dalam rangka memperingati haul Gus Dur ke-9,”ujarnya. Pancoran Mas, Kamis (20/12).

Menurutnya, sema’an Al Qur’an yang dilakukan para huffadz JQH dipusatkan di 9 majlis yang berada masjid sekitar Gus Dur. Ia menambahkan, dengan rincian 1 majlis diikuti 5/6 orang huffadz dengan keseluruh total 50 huffadz.

“Tujuan dari acara semaan ini adalah untuk mendoakan Gus Dur, mendoakan bangsa, dan syiar Sema’an Al Qur’an sebagai tradisi yang baik warga nahdyiyin. Harapannya, agar mendapatkan keberkahan haul Gus Dur dan keberkahan Khataman Al Qur’an,”harapnya.

Rois Majlis Ilmi JQH Depok KH. Jazim mengungkapkan acara Semaan Al-Qur’an di Haul Gus Dur merupakan gabungan dari JQH se-Jabotabek. Ia menambahkan, untuk para Huffadz Depok bergabung bersama. “Ini adalah bentuk tabarrukan dengan kekasih Allah guru bangsa KH Abdurrahman Wahid dan mengaji perjalanan hidup serta sepak terjang perjuangannya,”paparnya.
Acara Haul Gus Dur ke-9 pada 21 Desember 2019 akan banyak dihdiri tokoh pemimpin bangsa. Selain itu, para Ulama, Kiyai dan Habaib.