DepokNews–Penutup gorong-gorong saluran air di Jalan Margonda, Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok, pada Senin (18/11) terlihat hilang diduga dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Kemiri Muka Aiptu Rojudin mengatakan diketahui penutup gorong-gorong saluran air sudah hilang.

Ada tiga penutup terbuat dari besi untuk menutupi gorong-gorong dengan ukuran hampir 1 meter telah dicuri.

Hal ini dapat membahayakan bagi pejalan kali khususnya pengguna motor dapat mengakibatkan kecelakaan.

Menurut Rojjudin, aksi pencurian ini diketahui telah terjadi sebanyak tiga kali di sepanjang Jalan Margonda hingga gapura perbatasan Jakarta Selatan.

Kemungkinan penutup terbuat dari besi cukup berat dan dijual mahal ini ada lagi dua lubang hilang di daerah Pondok Cina.

Peristiwa ini jika tidak cepat ditanggap serius pemerintah Kota Depok, lanjut Aiptu Rojjudin dikhawatirkan dampak negatif membahayakan pejalan kaki bahkan pemotor.

Sampai saat ini dari penanggung jawab proyek pekerja jalan yaitu pemerintah belum buat laporan ke Polsek.

Sampai saat ini lubang terbuka dibiarkan begitu saja tidak ada tanda sehingga sangat membahayakan.

Hal yang sama juga terjadi saluran air di Jalan Raya Dahlia, Pancoran Mas dimana besi penutup saluran raib dicuri orang.

Kondisi ini membahayakan pengendara dan kerap terjadi antrean kendaraan saat jam sibuk kerja.

“Ada sedikitnya 11 besi penutupan saluran air yang baru dipasang tiga bulan lalu usai badan betonisasi di Jalan Raya Dahlia raib hingga membahayakan pemakai kendaraan yang melintas dari arah lapangan sepak bola Flamboyan ke Jalan Raya Margonda, ” kata Andreas Leander, warga.

Hilangnya penutup lubang saluran air, tambah dia, sangat membahayakan pemakai kendaraan terlebih saat malam hari karena tidak ada lampu penerangan dan lubang sama sekali tidak ditutup atau ada rambu bahaya.

“Jalan Raya Dahlia merupakan jalan alternatif warga dari arah Jl. Raya Tole Iskandar menuju Jl. Raya Margonda, ” ujarnya.